Home / Hukum & Kriminal / Kabid Humas : Timsus Maleo Kembali Ungkap 16 Ranmor, Hasil Penggelapan dengan Tersangka Buser

Kabid Humas : Timsus Maleo Kembali Ungkap 16 Ranmor, Hasil Penggelapan dengan Tersangka Buser

Hukrim, TBnews – Timsus Maleo Polda Sulut kembali berhasil mengungkap kasus pencurian dan penggelapan kendaraan bermotor (Curanmor) yang dilakukan oleh Pelaku RHA alias Buser (38) warga Singkil Manado.

Tersangka Buser yang sudah menjadi Target Operasi Timsus Maleo akhirnya diamankan pada hari Senin, 27 Juli 2020 sekitar pukul 09.30 Wita, di daerah Tanawangko.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast SIK dalam keterangan pers di Polda Sulut mengatakan,
Tersangka sudah melakukan beberapa kali aksi penggelapan ranmor di daerah Manado dan Tondano, Kabupaten Minahasa dalam kurun waktu antara bulan Desember 2019 hingga Juli 2020.

“Modus yang dilakukan, pelaku menumpang sepeda motor yang sudah menjadi target kemudian meminta pengendara sepeda motor mengantarnya ke tempat tujuan. Setelah tiba di lokasi tujuan, pelaku meminjam sepeda motor dengan berbagai macam alasan. Setelah berhasil menguasai sepeda motor tersebut, pelaku langsung membawa kabur dan menjual motor hasil rampasan,” tandas Kabid Humas didampingi Timsus Maleo Kompol Prevly dan AKP Frelly Sumampow.

Foto 1 Kabid Humas menyerahkan Ranmor kepada korban. Foto 2 Ranmor Hasil Penggelapan Pelaku.

Lulusan AKABRI 1995 ini mengatakan, yang menjadi korban adalah para pengendara Ojek Pangkalan yang berusia tua. Timsus juga berhasil mengamankan 16 unit sepeda motor berbagai jenis.

“Pasal yang dilanggar adalah 372 KUHP dengan ancaman hukuman, pidana penjara paling lama 4 tahun,” jelas Kabid Humas.

Kombes Jules mengimbau kepada seluruh warga yang mengalami hal yang sama agar segera melaporkan atau menginformasikan, baik kepada Timsus Maleo maupun ke Penyidik Ditreskrimum Polda Sulut untuk dapat diungkap bilamana menjadi korban dari perbuatan Pelaku.

Barang bukti penggelapan kemudian dikembalikan lagi ke para pemilik dengan status dipinjampakaikan, bilamana sewaktu-waktu dibutuhkan dalam proses penyidikan, barang bukti dapat dihadirkan kembali oleh pemilik.

Editor : Ishak Kusrant

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kapolres Kotamobagu Gelar Buka Puasa Bersama Wartawan

KOTAMOBAGU, TBnews – Dalam menjaga sinergitas antara Polres ...