Home / Hukum & Kriminal / Patahkan Covid-19, Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa Kembali Ukir Sejarah Taklukkan Gunung Klabat 1995 Mdpl

Patahkan Covid-19, Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa Kembali Ukir Sejarah Taklukkan Gunung Klabat 1995 Mdpl

Manado, TBnews – Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa, menjadi Kapolda Pertama yang berakhir tembus ke Gunung Klabat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) bersama Wakapolda Brigjen Pol Yadi Suryadinata dan jajaran Polres Minut dan sejumlah Pejabat Utama (PJU), sekaligus berhasil mengukir Sejarah Kapolda Pertama yang naik ke Gunung Klabat, Sabtu (4/7/2020).

Dengan ekspedisi pendakian Gunung Klabat, Kapolda Irjen Pol Royke Lumowa dan Jajaran berhasil menaklukkan Gunung Tamporok kata lain menurut masyarakat Minahasa Utara (Minut).

Pendakian Gunung Klabat yang memiliki ketinggian 1.995 meter diatas Permukaan Laut (Mdpl) dibagi menjadi dua Tim, dimana Tim pertama dipimpim oleh Kapolda Irjen Pol Royke Lumowa, dan Tim kedua oleh Wakapolda Sulut.

Kedua Tim Star dari Pos Pertama yang berada di Kecamatan Airmadidi, hingga ke puncak Gunung Klabat, dengan menempuh perjalanan kaki selama 8 jam. Tim Pertama yang dipimpin oleh Kapolda Sulut berhasil menempuh ke puncak Gunung Klabat pada pukul 17.30 Wita, disusul rombongan Tim Kedua yang dipimpin Wakapolda Brigjen Pol Yadi Suryadinata.

Ekspedisi pendakian Gunung Klabat di Kabupaten Minut untuo melakukan Soft Launching Logo dan Pataka Polda Sulawesi Utara, diganti dari sebelumnya bertuliskan Sarwa Bhrata Eka dengan gambar kepala anoa, menjadi logo bertuliskan Maesa’an Waya dengan gambar pohon kelapa.

Pelaksanaan Soft Launching perobahan logo dilaksanakan di puncak Gunung Klabat, Kabupaten Minut, dipimpin Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa, dihadiri Wakapolda Sulut Yadi Suryadinata, beberapa PJU Polda Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau, Wakapolres Piter Sasundame dan para Polwan, Minggu (5/7/2020) pagi sekitar pukul 08.30 Wita.

“Sampai di puncak gunung ini, satu tujuan kita ingin mensoft launcingkan pataka atau logo Polda Sulawesi Utara atau merobah nama dari Sarwa Bhrata Eka menjadi Maesa’an Waya,” tandas Kapolda.

Iapun berharap semoga ini menjadi kenangan, menjadi semangat dan motivasi anak-anak muda polisi di masa sekarang dan yang akan datang.

Kapolda Sulut dan Rombongan saat mendaki Gunung Klabat setinggi 1.995 MDPL di Kabulaten Minahasa Utara, Sabtu (4/5/2020) (Humas Polda).

Selain melaksanakan soft launching, tujuan pendakian menurut mantan Kapolda Maluku ini juga ingin melestarikan hutan Gunung Klabat agar tetap lestari.

“Untuk anak-anak muda, mari lestaikan Gunung Klabat agar tetap terjaga, menjaga manfaat alam sekitarnya, menjaga keindahan Sulawesi Utara. Jayalah selalu Klabat ketinggian 1.995 Mdpl,” pungkas Kapolda.

Selama dua hari satu malam diatas Gunung Klabat, rombongan Kapolda kembali ke bawah pada Minggu 5 Juli 2020, pukul 09.30 Wita, dan finish di kaki Gunung Klabat pada pukul 16.30 Wita dengan keadaan sehat dan tidak ada yang ketinggal. Sedangkan PJU Polda Sulut yang ikut yaitu Dirlantas, Dir Sabara dan Dir Samapta Karo Ops, Dir Polairud, Karo Rena, Kasat Brimob, dan Karo SDM.

Mendaki Gunung Klabat selain dengan Misi Soft Launching Logo dan Pataka Polda Sulut, sekaligus patahkan Virus Corona Covid-19 karena mendaki gunung bagian dari olahraga untuk menguatkan imunitas.

Penulis : Humas Polda
Foto : Humas Polda
Editor : Ishak Kusrant

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kapolri Akan Menindak Tegas Mereka yang Melanggar Ketertiban Umum

Jakarta,TBnews – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menegaskan ...