Home / Bolsel / Bantuan Kemanusian Polda Sulut Untuk Korban Banjir Bandang di Kabupaten Bolsel

Bantuan Kemanusian Polda Sulut Untuk Korban Banjir Bandang di Kabupaten Bolsel

Bolsel, TBnews – Kapolda Sulut, Irjen Pol Royke Lumowa didampingi Wakapolda, Brigjen Pol Yadi Suryadinata dan para Pejabat Utama Polda Sulut menyerahkan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana alam banjir dan tanah longsor di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan  (Bolsel) Jumat (08/08/2020) siang.

Penyerahan bantuan yang berasal dari Polda Sulut dan jajaran ini berlangsung di aula Polres Bolsel. Diserahkan secara simbolis oleh Kapolda, Wakapolda dan Pejabat Utama kepada perwakilan korban. Dalam kesempatan ini juga diserahkan bantuan khusus dari Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut dan Polwan Polda Sulut oleh Ketua Bhayangkari Cabang Bolsel.

Penyerahan bantuan turut dihadiri dan disaksikan oleh Kapolres Bolsel, AKBP Yuli Kurnianto bersama Ketua Bhayangkari Cabang Bolsel, Ny. Trisna Widia Wati, para Pejabat Utama dan Kapolsek jajaran Polres Bolsel, Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru, serta Kadis Pariwisata Bolsel, Wahyudin Kadullah.

Adapun bantuan yang diberikan yaitu paket sembako, air mineral, makanan kering, sayur mayur, perlengkapan mandi, pakaian wanita dan anak-anak, popok kertas, 60 tabung LPG 3 kg, serta 2 unit mesin genset.

Bantuan tersebut tiba di Mapolres Bolsel pada Jum’at pagi. Dikawal langsung oleh Kepala SPN Polda Sulut, Kombes Pol Meity Irawati Wongkar. Bantuan diangkut dari Manado menggunakan 8 unit mobil truck.

PJU Polda Sulut Menyaksikan Penyerahan Bantuan Kemanuasian di Bolsel. Foto: Humas Polda.

Kapolda Sulut dalam sambutannya mengatakan, pemberian bantuan ini merupakan wujud kepedulian, simpati dan empati dari keluarga besar Polda Sulut terhadap para korban bencana alam.

“Walaupun bantuan ini jumlahnya tidak seberapa, diharapkan dapat sedikit meringankan beban masyarakat Kabupaten Bolsel khususnya yang terdampak bencana alam,” ujar Kapolda.

Sementara itu Kapolres Bolsel memaparkan, bencana alam terjadi pada hari Jum’at (24/07) di beberapa desa yang ada di Kecamatan Bolaang Uki, Pinolosian dan Tomini.

“Mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak, akses jalan penghubung Trans Sulawesi lingkar selatan tepatnya jalur Molibagu-Doloduo terputus dan tidak bisa dilalui kendaraan akibat tanah longsor yang menutup badan jalan,” jelas Kapolres.

Terputusnya akses jalan juga terjadi di jalur Pinolosian Tengah-Bakan. Kemudian terdapat beberapa jembatan yang terputus akibat diterjang banjir. Bencana alam mengakibatkan 1 orang meninggal dunia yaitu Kepala Desa Bakida, Rislan Ibrahim yang sampai saat ini jenazahnya belum ditemukan.

“Pasca kejadian, Polres Bolsel bersama personel Yon B Satbrimob Inuai, Ditsamapta Polda Sulut, Polres Kotamobagu, TNI, pemerintah, relawan, masyarakat serta pihak terkait lainnya melakukan penanganan evakuasi korban dan barang-barang, membersihkan rumah-rumah warga serta membuka akses jalan,” pungkas Kapolres.

Bupati Bolsel dalam sambutannya mengapresiasi Polda Sulut dan jajaran dalam penanganan pasca bencana.

“Terima kasih sebesar-besarnya dari pemerintah dan masyarakat Bolsel kepada Polda Sulut dan jajaran yang telah memberikan bantuan kemanusiaan bagi warga yang terdampak bencana,” tuturnya.

Wakapolda Sulut Brigjen Pol Yadi Suryadinata, memberikan bantuan Foto: Humas Polda.

Bupati menerangkan, banjir dan tanah longsor mengakibatkan sekitar 8.000 kepala keluarga, 24.000 jiwa yang tersebar di 7 kecamatan, terdampak bencana.

“Hingga saat ini terdapat sekitar 200 kepala keluarga yang masih mengungsi di Desa Pakuku Raya, 24 rumah warga hanyut terbawa arus, 200 rumah rusak berat, 3 jembatan putus, dan 1 orang meninggal dunia,” jelasnya.

Editor : Ishak Kusrant

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ditlantas Polda Sulut Raih Peringkat ke 2 Lomba Pelayanan Regident

Manado, TBnews – Prestasi membanggakan diraih jajaran Ditlantas ...