Home / Bolmong / Lewat WCD, 1,3 Ton Sampah Plastik Dan Residu Terkumpul

Lewat WCD, 1,3 Ton Sampah Plastik Dan Residu Terkumpul

Bolmong,TBnews – Meskipun diperingati dengan keterbatasan akibat pandemic Covid-19 yang masih terus melanda di Kabupaten Bolaang Mongondow, namun peringatan bersih bersih sedunia atau World Cleanup Day (WCD) yang digelar Sabtu, 19/9 kamarin di enam titik di Kabupaten Bolaang Mongondow sukses mengumpulkan sampah plastic dan sampah residu sebanyak 1,3 ton.

World Cleanup Day (WCD), merupakan aksi sosial global tahunan yang mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk turut membersihkan dan menjaga kebersihan bumi yang bertujuan untuk mengurangi masalah limbah padat dan sampah laut.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) sendiri, turut mengambil bagian dalam aksi WCD dengan menggandeng Pemerintah Kecamatan, Lurah/Kepala Desa serta sumbangsih dari masyarakat setempat ikut bersama berpartisipasi dalam kegiatan ini, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19, Sabtu (19/09/2020), sejak pukul 07.00 Wita.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Abdul Latif pihaknya bersama Pemerintah Kecamatan, Volunter dan para relawan turun langsung di enam titik,“Kegiatan ini kita fokuskan di pingiran pantai dan sungai,” ujar Latif.

Terpisah, Kepala Bidang Pengendalian dan Pengrusakan Lingkungan Hidup Pengolahan Sampah dan LB3. DLH Bolmong. Deasy Makalalag yang mengkoordinir aksi WCD di Kecamatan Bolaang mengatakan, kegiatan ini sangat menunjang kebijakan dan strategi daerah dalam pengelolaan sampah seperti yang termuat dalam Perbup Nomor 31 Tahun 2019 tentang kebijakan dan strategi daerah pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

“Kegiatan ini mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama memelihara akan kebersihan mulai dari lingkungan kita pribadi, karena sampah itu adalah merupakan musuh kita bersama,” terang Deasy.

Adapun enam titik yang jadi target WCD diantaranya Desa Bantik (Pinggiran Sungai ) jumlah Sampah Plastik/Anorganik : 21 karung Sampah Residu: 3 karung. Pantai Lolan, Sampah Plastik/Anorganik : 6 karung,Sampah Residu : 3 karung. Pantai Bolaang 1  dan Pinggiran Jalan Trans Desa Bolaang, Sampah Plastik : 5 karung dan Sampah Residu : 8 karung, Jumlah keseluruhan: 13 karung. Jembatan Kaiya, Sampah Plastik/Anorganik : 8 karung, Sampah residu : 3 karung. Pantai Bungin, Sampah Plastik : 13 karung dan Sampah Residu : 32 karung. Pantai Molosing, Sampah plastik : 3 karung dan Sampah residu : 20 karung. (**)

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Limi Mokodompit Santuni Pegawai Syar’i dan Anak Yatim Piatu di Desa Modomang dan Siniyung

TEROPONGBMR.COM – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) laksanakan ...