Home / Kotamobagu / Pemuda Asal Kelurahan Mongkonai, Budidaya Bibit Coklat

Pemuda Asal Kelurahan Mongkonai, Budidaya Bibit Coklat

Kotamobagu,TBnews – Farid Potabuga, warga Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat, membudidayakan bibit coklat sambung pucuk yang merupakan salah satu komoditas andalan bagi sejumlah petani.

Alhasil, usahanya itu, ia mampu meraup keuntungan lebih. Bahakan menurutnya, mayoritas petani cenderung pragmatis dengan membeli bibit yang sudah siap tanam.

“Jadi ada sebagian petani sekarang yang tinggal menyediakan lahan kemudian bibitnya dibeli. Nah, kami disini menyediakan itu terutama bibit coklat,” terangnya.

Dikatakannya, tanaman coklat saat ini tengah populer di tengah masyarakat khususnya petani, sehingga tidak heran banyak yang melirik ini sebagai komoditas andalan yang mampu mendatangkan keuntungan.

“Saya disini sebagai penyedia. Soal harganya, paling tinggi Rp 20 Ribu per bibit yang sudah disambung pucuk. Sementara untuk kwalitasnya baik dan potensi hasil bisa 100 persen tergantung perawatannya,” jelasnya.

Dengan begitu, ia berharap para masyarakat petani mampu memanfaatkan lahan pertanian sebagai wadah untuk menggarap sejumlah komoditas terutama coklat.

“Dengan Bisnis ini, diharapkan petani mampu memanfaatkannya terutama bibit coklat sebagai tanaman unggulan mayoritas petani di Kotamobagu,” harapnya. (*)

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Wakil Wali Kota Kotamobagu Wakil Wali Kota Buka Fesbudjaton ke XVII Indonesia Timur

TEROPONGBMR.COM – Festival Seni dan Budaya Jawa Tondano ...