Home / Bolmong / Bupati Bolmong Buka Pelatihan Perempuan Inspiratif TNBNW

Bupati Bolmong Buka Pelatihan Perempuan Inspiratif TNBNW

Bolmong,TBnews – Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) mengelar Pelatihan pembentukan Perempuan Inspiratif Mitra Polhut, di Hotel Sutan Raja Kotamobagu. Kegiatan ini adalah yang pertama digelar di seluruh wilayah KLHK.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Bolaang Mongondow, yang diwakili Asisten I, Deker Rompas, Direktur PPH Ditjen Gakum KLHK, Burhanudin, kepala TNBNW Sulawesi Utara Gorontalo, Supriyanto serta narasumber dari Universitas Kristen Duta Wacana Jogjakarta.

Bupati Bolmong dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I menyambut baik kegiatan yang melibatkan partisipasi perempuan dalam menjaga keberlangsung hutan “Saya menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan pelatihan dan pembentukan perempuan inspiratif Mitra Polhut. Ini sebagai wujud kepedulian kita semua, selaku penanggujawab konservasi kawasan hutan lindung yang ada di Kabupaten Bolmong,” ucap Yasti.

Selain itu Deker juga menyampaikan pengamanan hutan tidak hanya dilakukan oleh aparat kehutanan melainkan didukung oleh masyarakat sekitar hutan “Kelompok masyarakat sekitar hutan yang membantu polisi kehutanan dalam pelaksanaan perlindungan hutan di bawah koordinasi pembinaan dan pengawasan dari instansi Pembina yaitu instansi kehutanan pusat dan daerah. pengelolaan kawasan hutan di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone kelihatannya memang masih belum terlalu efektif karena pengelolaan yang dilakukan untuk mencapai tujuan dan harapan sebagaimana yang ditetapkan tentu dengan mengingat luasnya kawasan hutan yang dikelola.” sambungnya.

Lebih lanjut Deker mengatakan, dengan dilibatkan perempuan diharapkan dapat menjaga wilayah konservasi hutan “Keterlibatan perempuan dalam upaya konservasi kawasan hutan nanti ibu-ibu pasti bias memberikan pemahaman dan mengajak bapak-bapak untuk bersama. Konsep pengamanan hutan berbasis partisipasi masyarakat setempat dilandasi pemahaman masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan karakteristik potensi kawasan hutan kemudian dapat hidup selaras dan serasi menikmati dan menjaga tempat tinggalnya dari kerusakan hutan sehingga menjaga kelestarian hutan.” pungkasnya.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Pedagang Pasar Aktif di Bolmong Akan Daapt Lapak Baru

Bolmong,TBnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang  Mongondow melalui ...