Home / Bolmong / Gempa Guncang Bumi Totabuan Magnitudo 5,7 Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Guncang Bumi Totabuan Magnitudo 5,7 Tidak Berpotensi Tsunami

Bolmong, TBnews – Hari Rabu, 28 Oktober 2020 pukul 16.08.58 WIB wilayah Teluk Tomini diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo  Mw=5,4. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,25 LS dan 124,53 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 91 km arah Tenggara Kota Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara pada kedalaman 42 km.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono ada dua indikator yang bisa diamati dari gempa tersebut yaitu Jenis dan Mekanisme Gempa bumi serta dampak gempa bumi.

Ia mejelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Subduksi Lempeng Laut Maluku. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Sementara Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Bolaang Uki, Kotamobagu, Tutuyan II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

“Terasa getaran seakan akan truk berlalu) dan Manado II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelas Rahmat

Ia meminta kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” ungkapnya.

Tambah Rahmat, jika masyarakat membutuhkan informasi lebih lanjut, pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Editor : Ishak Kusrant

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Limi Mokodompit Santuni Pegawai Syar’i dan Anak Yatim Piatu di Desa Modomang dan Siniyung

TEROPONGBMR.COM – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) laksanakan ...