Home / Bolmong / Pemkab Bolmong Gelar FGD KLHS

Pemkab Bolmong Gelar FGD KLHS

Bolmong,TBnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang saat ini tengah melakukan revisi RTRW Kabupaten Bolaang Mongondow 2020 – 2024. Untuk mendukung revisi tersebut, Pemkab Bolmong melalui Dinas Lingkungan Hidup  (DLH)  menggelar  Forum Group Discussion (FGD)  I Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Kegiatan ini dilaksanakan, Kecamatan Lolak, Desa Lalow, Senin 19/10.

Mewakili Bupati Bolaang Mongondow, Tahlis Gallang selaku Sekretaris Daerah, saat membuka FGD tersebut mengatakan KLHS adalah rangkaian analisis yang sistematis,menyeluruh dan partisipatif  “Untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah. Hal yang paling prinsip dan mendasar dalam KLHS ini adalah kajian daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup.” Kata Tahlis.

Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan Hidup  Pengelolaan Sampah dan Bahan Berbahaya Beracun, Deasy Makalalag mengatakan Hasil dari FGD I yaitu terkumpulnya Isu Pembangunan Berkelanjutan dari aspek lingkungan,ekonomi dan sosial. “Dari banyaknya  Isu Strategis yang  terpilih akan dianalisis lagi untuk mendapatkan Isu Prioritas.” Terangnya sembari menambahkan ada 70  Isu Pembangunan Berkelanjutan yang selanjutnya akan dianalisis untuk mendapatkan Isu Strategis.

Sekedar informasi FGD tersebut dibagi dalam dua sesi mengikuti protokol kesehatan. Sesi I dihadiri oleh OPD yg mewakili aspek Sosial dan Ekonomi,sesi kedua  dihadiri OPD yangg mewakili aspek lingkungan yang dihadiri oleh 15 Organisasi Perangkat Daerah. Selain itu kegiata tersebut juga menghadirkan narasumber Tenaga Ahli Dr. Ir. Joudy Luntungan, M.Si Dosen Fakultas Pertanian Unsrat. (**)

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Pedagang Pasar Aktif di Bolmong Akan Daapt Lapak Baru

Bolmong,TBnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang  Mongondow melalui ...