Home / Bolmong / Silaturahmi Dengan Tokoh Adat Dan Budaya BMR, Rita Dondokambey – Tamuntuan Dapat Hadiah

Silaturahmi Dengan Tokoh Adat Dan Budaya BMR, Rita Dondokambey – Tamuntuan Dapat Hadiah

Bolmong,TBnews – Sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Utara, Rita Dondokambey – Tamuntuan, siang tadi Kamis 8/10, mengunjungi salah satu tokoh adat dan budaya Bolaang Mongondow Raya, Hairun Mokoginta, di kediamanya kelurahan Genggulang.

Kunjungan tersebut dalam rangka mengali dan mempromosikan kebudayaan sekaligus kerajinan yang ada di Bolaang Mongondow Raya.

Menurut Hairun Mokoginta momen silaturahmi ketua Dekranasda Sulut itu adalah peluang bagi pengrajin yang ada di BMR “Dalam kesempatan itu saya mengangkat berbagai hal dan problem yang berkaitan dengan adat dan kebudayan Bolmong. Dikaitkan dengan peran kebudayaan dalam rangka memajukan pariwisata. Karna bicara pariwisata pasti berkaitan dengan budaya. Ini saya angkat supaya bisa direvitalisasi kembali. ” ucapnya.

Ini adalah peluang para perajin. Terutama kerajinan tangan, kita bisa kerja sama untuk promosi. Saya kasih ceneramata rambabo dan kantung ini alat music tradisional yang sudah punah tapi sirevitalisasi kembali. Saya mainkan dan beliau tertarik, sehingga saya berikan sebagai cenderamata.

Ia juga mengungkapkan Ketua Dekranasda Sulut begitu kagum dengan alat music tradisional yang kami revitalisasi. “Beliau kagum setelah mendengar dan melihat langsung budaya dan kerajinan Bolmong. Seperti sikayu, rambabo dan kantung. Bahkan saya memberikan dua alat music itu sebagai cenderamata.” Beber Hairun.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Ini Penyebab Kelangkaan Pupuk Subsidi di Kabupaten Bolmong

BOLMONG,TBnews – Pupuk subsidi di Kabupaten Bolaang Mongondow ...