Home / Bolmong / Dihadapan Ketua DPD RI, Yasti Sebut Conch Belum Memberikan Manfaat

Dihadapan Ketua DPD RI, Yasti Sebut Conch Belum Memberikan Manfaat

Bolmong,TBnews – Kunjungan kerja yang digelar Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI bersama sejumlah anggota DPD RI di Kabupaten Bolaang Mongondow, jadi momen yang tepat bagi Bupati Bolaang Mongondow menyampaikan aspirasi  masyarakat Bolaang Mongondow.

Salah satunya kebermanfaatan investasi kelas wahid di Bolaang Mongondow yaitu PT Conch North Sulawesi Cement. Menurut Yasti hingga tahun ketiga berinvestasi di Bolmong Conch belum memberikan manfaat bagi masyarakat dan Pemerintah Daerah.

“Kehadiran Conch di Kabupaten Bolmong sudah 3 tahun ini, mohon maaf belum dirasakan manfaatnya oleh rakyat terlebih khusus oleh Pemkab bolmong. Banyak sudah janji janji yang disepakati bersama dengan Pemprov sulut, baik itu ketersedian tenaga kerja, CSR belum di realisasikan.” Ucap Yasti.

Sekedar informasi CSR atau Tanggung Jawab Sosial menjadi kewajiban bagi setiap perusahaan baik oleh Perusahaan Nasional maupun Perusahaan Asing. Hal ini atur dalam sejumlah Undang Undang dan Peraturan Pemerintah diantaranya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas ( Pasal 74 ayat (1) UU PT berbunyi, “Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.” Bila ketentuan ini tidak dijalankan, maka ada sanksi yang akan dijatuhkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan).

Selanjutnya dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal. UU Penanaman Modal juga menyelipkan satu pasal yang mengatur CSR. Pasal 15 huruf b berbunyi: “Setiap penanam modal berkewajiban: melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan.” Penjelasan Pasal 15 huruf menambahkan bahwa yang dimaksud dengan “tanggung jawab sosial perusahaan” adalah tanggung jawab yang melekat pada setiap perusahaan penanam modal untuk tetap menciptakan hubungan yang serasi, seimbang, dan sesuai dengan lingkungan, nilai, norma, dan budaya masyarakat setempat.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Bansos Tahap VII Selesai Didistribusikan di 15 Kecamatan Bolmong

Bolmong, TBnews – Bantuan Sosial (Bansos) penanggulangan dampak ...