Home / Bolmong / Kabar Gembira Bagi Petani Sawah Bolmong, Bulog Divre Bolmong Siap Beli Beras Lokal

Kabar Gembira Bagi Petani Sawah Bolmong, Bulog Divre Bolmong Siap Beli Beras Lokal

Bolmong,TBnews – Dalam rangka mendorong perkembangan ekonomi dan peningkatan kesejateraan petani local Pemerintah pusat melalui Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional Bolaang Mongondow (Bolmong) siap membeli beras dari para petani lokal. Nantinya pembelian beras tersebut akan bekerjsama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di setiap desa.

Rencana ini dikatakan Kepala Bulog Sub Divre Bolmong Meydi Maxi Wongkar usai melakukan pertemuan dengan Kepala Bappeda Bomong Yarlis Awaludin Hatam Rabu 18 November 2020. Program ini tidak hanya berlaku di Kabupaten Bolmong, namun mencakup di empat daerah lainnya. Seperti Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

“Bulog Sub Divisi Regional Bolmong siap membeli beras-beras dari petani lokal. Nantinya pembelian itu Bulog akan bekerjasama dengan Bumdes,” ujar Meydi, sembari menambahkan dengan bagitu petani tidak perlu menjual hasil panen ke luar daerah. Cukup langsung ke Bumdes setempat.

Untuk mendorong program ini Perum Bulog Sub Divre Bolmong sedang membangun Corn Driyer Centre (CDC) yang diperkirakan 3 hingga 7 unit Silo dengan kapasitas masing-masing silo 3.000 ton, dan rencana kerja mitra pengadaan beras melalui pola kerjasama on farm kemitraan antara perum bulog dan Pemkab terkait (Gapoktan)

“Beras dari para petani lokal tersebut akan dibeli dengan harga yang komersial, dengan kualitas beras yang bagus. Apalagi di wilayah Kabupaten Bolmong dikenal dengan lumbung beras. Bukan hanya beras, akan tetapi jagung juga siap dibeli,” sambugnya.

Menurutnya, kalau banyak petani lokal yang banyak menjual berasnya kepada Bulog, maka bisa membangkitkan perekonomian masyarakat, karena akan terjadi perputaran uang disetiap daerah-daerah. Selain adanya perputaran uang, masyarakat juga mengkonsumsi beras dari hasil produk lokal sehingga bisa mengairahkan kembali para petani dan bisa mencapai tujuan swasembada pangan.

Sementara itu Kepala Bappeda Bolmong Yarlis Awaludin Hatam mengatakan, program yang dilakukan Bulog Divre Bolmong ini, akan sangat memberikan efek positif terhadap para petani. Termasuk memberikan efek ekonomi di daerah.“Tentu ini program yang cukup baik. Jika terjadi kerjasama antara Bulog dengan Bumdes, akan memberikan gairah ekonomi di daerah, apa lagi kondisi Kabupaten Bolmong yang sangat strategis.” ucap Yarlis.

Diketahui proses pembangunan gudang Bulog di Bolmong sedang dalam tahap pengerjaan. Pertemuan itu, sekaligus juga mengundang Bupati secara simbolis untuk melakukan peletakan batu pertama.

Sebelumnya Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, mengaku bersyukur karena pada tahun ini, Bolmong akan memiliki gudang Bulog tepatnya di Desa Dulangon Kecamatan Lolak.“Jadi Pemda hanya menyiapkan lokasinya saja. Sedangkan anggaran, Bulog yang siapkan,” jelasnya.

Menurut YSM julukan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, ada keuntungan tersendiri ketika hadirnya gudang Bulog. Sebab hasil petani sudah bisa dijual ke Bulog. YSM mencontohkan, petani jagung tak perlu cemas ketika selesai panen. Dimana hasil panen, Bulog siap membeli hasil panen, dengan harga pembelian pemerintah (HPP). “Kalau nanti sudah panen raya, jagung  banyak di pasar. Barang banyak di masyarakat. Dengan adanya HPP itu, Bulog menjaga agar petani jangan sampai rugi,” tuturnya. (**)

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Bansos Tahap VII Selesai Didistribusikan di 15 Kecamatan Bolmong

Bolmong, TBnews – Bantuan Sosial (Bansos) penanggulangan dampak ...