Home / Ekonomi & Bisnis / Untuk Apa PT Pelindo Manado Pungut Retribusi Rp10.000 dari Penumpang?

Untuk Apa PT Pelindo Manado Pungut Retribusi Rp10.000 dari Penumpang?

Manado, TBnews – Kebijakan PT Pelabuhan 4 Cabang Manado yang menarik biaya masuk pelabuhan menuai protes dari sejumlah penumpang. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini dinilai berlebihan menarik biaya masuk sebesar Rp10.000
tanpa alasan jelas.

Sebelumnya, biaya masuk sudah diatur dalam tiket penumpang. Pihak pengelola kapal penumpang juga tak pernah absen menyetor ke Pelindo. Namun manajemen Pelindo malah menarik secara terpisah Rp10.000 untuk penumpang, dan Rp5.000 untuk pengantar/penjemput.

“Ini sangat berlebihan. Tidak ada dasar tiba-tiba tarik pungutan Rp10.000, harusnya ada sosialiasi terlebih dahulu, agar kami penumpang bisa mengerti,” kata Hendrik Bawole salah satu penumpang kepada redaksi TeropongBMR.com di Pelabuhan Manado, Senin (9/10/2020) sore.

Suasana di Pelabuhan Manado, (Foto: Ishak).

Selain hendrik, penumpang lainnya juga mengeluhkan hal yang sama. Menurut Steven Darondos, sebelumnya setiap penumpang yang telah memiliki tiket tidak perlu lagi membayar retribusi karena sudah merupakan pas masuk area pelabuhan, namun kebijakan ini berubah. “Kami sudah punya tiket tapi disuruh bayar lagi pas memasuki kawasan pelabuhan, untuk apa retribusi itu, sekiranya perlu dijelaskan, karena kami orang awan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala PT Pelindo Manado Ruddy Lontaan ketika di kofirmasi melalui sambungan satelit, hingga saat ini belum memberikan penjelasan.

Sedangkan aktifis Sulawesi Utara Jeffrey Sorongan mendesak Pelindo Manado untuk menghentikan kegiatan pungutan itu karena sangat merugikan penumpang terutama yang akan berlayar ke Kabupaten Kepulauan di Sulawesi Utara.

“Sekiranya PT Pelindo Manado meninjau lagi kebijakan itu, apa lagi di masa pandemi Covid-19 yang sangat menyusahkan masyarakat, karena hal ini bisa jadi modus baru korupsi,” ujarnya.

Editor : Ishak Kusrant

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Gerakan Sejuta Masker Polda Sulut, PT Pembangunan Perumahan Support 25 Ribu Masker Medis

Manado, TBnews – Mendukung Gerakan Sejuta Masker Polda ...