Home / Bolmong / Tahun 2021 Pemkab Bolmong Ubah Mekanisme Pemberian Bantuan

Tahun 2021 Pemkab Bolmong Ubah Mekanisme Pemberian Bantuan

Bolmong,TBnews – Pandemic Covid-19 masih terus berlanjut, Kabupaten Bolmong salah satu daerah yang masih terus bertambah kasus positif Covid-19. Meskipu begitu, pemberian bantuan dalam rangka penanggulangan dampak Covid-19 oleh Pemerintah Kabupaten Bolmong mengalami perubahan.

Tidak seperti tahun 2020, dimana Pemkab Bolmong selama 9 bulan mendistribusikan bantuan pangan dan sembako bagi puluhan ribu warga yang ada di 15 Kecamatan. Tahun ini Pemkab Bolmong mulai mengarahkan APBD pada pemulihan ekonomi melalui program padat karya yang ada di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Menurut Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Rio Lombone, pemulihan ekonomi sudah dimulai oleh Pemerintah pusat dalam bentuk berbagai program. Sehingga dalam penyusunan APBD Kabupaten Bolmong tahun 2021, focus pada pemulihan ekonomi dengan sejumlah program padat karya.

“Disetiap OPD itu ada program pemulihan ekonomi dalam bentuk padat karya. Ini akan melibatkan langsung masyarakat. Saat inikan aktifitas di Kabupaten Bolmong tidak ada lagi pembatasan, masyarakat bisa keluar dan bekerja. Kita hidup dengan pola kebiasa baru, tetap menerapkan 3M.” kata Rio.

Meskipun sudah menyiapkan sejumlah program pemulihan ekonomi, namun Rio mengungkap, Pemkab Bolmong tetap mengalokasikan dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) “Untuk bantuan tetap ada, Dinsos tetap menyiapkan tapi tidak seperti tahun 2020. Pemkab juga tetap menyiapkan dana sekitar 12 Miliar untuk BTT. Anggaran ini setiap tahun dialokasikan dalam APBD, bisa digunakan kapan saja.” Ungkap Rio.

Terpisah Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) I Nyoman Sukra, mengatakan untuk tahun 2021 pihaknya tetap menyiapkan bantuan dalam bentuk Cadangan Beras Pemerintah (CBP) 7,5 ton “Untuk tahun ini, Pemkab Bolmong melalui DKP menyiapkan cadangan beras mencapai 7,5 ton. Nantinya cadangan beras tersebut akan disalurkan untuk kondisi tertentu. Seperti pada tahun 2020 lalu, kita menyalurkan cadangan beras untuk penanggulangan dampak banjir di Kecamatan Sang Tombolang.” Pungkasnya.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Pemkab Bolmong Gelar Vaksinasi Tahap II

BOLMONG,TBnews – Jumat (19/2) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang ...