Home / Bolmong / Berikut Syarat Masuk Jalur T2 Unsrat di Tahun 2021

Berikut Syarat Masuk Jalur T2 Unsrat di Tahun 2021

Manado,TBnews – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, membuka kesempatan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri Tumou Tou (T2).

Seleksi masuk jalur mandiri Unsrat, penilaiannya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik, non akademik maupun portolio.

Sehingga bagi yang berminat masuk lewat jalur ini, agar membaca terlebih dahulu persyaratan berikut yang wajib diperhatikan :

Persyaratan :

-Peserta yang boleh mengikuti Seleksi Jalur Mandiri Tumou Tou (T2) Universitas Sam Ratulangi adalah peserta lulusan SMA/ MA/ SMK/ MAK/ Sederajat dan Paket C yang lulus dalam tiga tahun terakhir yang dibuktikan dengan Ijazah.

-Bagi yang baru lulus dan belum mendapatkan Ijazah, wajib menunjukkan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang berisi pasfoto terbaru ukuran 4 x 6 cm dan sudah dicap basah oleh Kepala Sekolah atau Kepala Dinas

-Maksimal umur peserta yang bisa mendaftar adalah 25 tahun

Pendaftaran :

Sebelum melakukan pendaftaran, harap melihat terlebih dahulu daftar Program Studi dan Fakultas apa saja yang ada di Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) dalam laman resminya di https://www.unsrat.ac.id

Langkah pertama untuk memulai proses pendaftaran adalah dengan membuka laman portal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNSRAT secara online di https://regmaba.unsrat.ac.id

Klik tombol “Daftar” pada laman tampilan. Selanjutnya, mengisi data awal Anda seperti nama lengkap dan alamat email

Pembayaran : 

Dapatkan Nomor Pendaftaran dan PIN, setelah membuat akun pendaftaran pada laman ini

Membayar biaya pendaftaran dengan jumlah nominal sebesar Rp200 ribu rupiah melalui bank-bank Mitra Universitas Sam Ratulangi seperti BNI, BTN, atau BRI

Tunjukkan nomor pendaftaran yang sudah Anda dapatkan sebelumnya pada saat melakukan pembayaran di Bank

Kemudian dapatkan bukti pembayaran dari Bank. Sangat perlu diketahui bahwa apabila data awal yang disi pada portal sebelumnya ternyata tidak benar atau tidak memenuhi syarat padahal sudah membayar biaya pendaftaran, maka calon mahasiswa akan dinyatakan gugur dan uang tidak akan bisa dikembalikan. Jadi, pastikan bahwa sudah membaca semua prasyarat pendaftaran dan prodi terlebih dahulu sebelum mulai mendaftar di Universitas Sam Ratulangi

Login Kembali  

Setelah melakukan pembayaran, maka wajib masuk kembali ke laman portal pendaftaran yakni di https://regmaba.unsrat.ac.id

Isi kolom username dengan Nomor Pendaftaran. Pada kolom password, isilah dengan PIN yang sudah didapatkan

Klik “Login” untuk mulai masuk ke laman akun pendaftaran dan memulai proses pendaftaran dengan lebih lengkap

Setelah masuk ke dalam laman tampilan, lengkapi form biodata yang disediakan

Isi semua kolom dengan lengkap dan benar sesuai dengan aslinya

Cetak

Setelah semua data yang harus diisi sudah lengkap, sistem akan menampilkan Kartu Tanda Peserta Seleksi Masuk. Setelahnya klik cetak untuk mulai mencetak kartu.

Perlu diketahui apabila Kartu Tanda Peserta Seleksi Masuk tidak muncul pada tampilan, maka itu berarti data-data calon mahasiswa belum lengkap. Jadi, pastikan semua informasi harus terisi mulai dari nama, alamat, tempat tanggal lahir, data pendidikan hingga berkas-berkas penting yang harus diupload

Pengumuman

Cek pengumuman hasil seleksi pada laman resmi Universitas Sam Ratulangi di https://www.unsrat.ac.id atau juga bisa pada laman portal pendaftaran resmi UNSRAT https://regmaba.unsrat.ac.id di bagian tampilan depan website-nya.

Setelah pengumuman hasil seleksi sudah diumumkan, akan ada proses verifikasi berkas dan validasi oleh Biro Akademik Universitas Sam Ratulangi. Bagi calon mahasiswa yang sudah lulus, harap untuk menunggu hasil verifikasi dan validasi berkas.

Bila masih memiliki pertanyaan atau hal-hal lain yang belum jelas, dapat langsung ditanyakan melalui helpdesk online yang tersedia pada laman website.

Perlu diingat, untuk jadwal pendaftaran online dapat dilakukan melalui regmaba.unsrat.ac.id pada tanggal 10 Maret – 24 Juni 2021. Berikut proses seleksi di Unsrat pada tanggal 28 Juni – 3 Juli 2021. Dan pengumuman hasil seleksi jalur mandiri T2 pada tanggal 7 Juli 2021.

Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA mengatakan bagi calon mahasiswa yang tidak lolos SBMPTN masih bisa mendaftar jalur lainnya, yakni jalur mandiri T2.

“Untuk masuk Unsrat, ada jalur alternatif lain. Yakni jalur mandiri T2. Untuk mengetahuinya secara jelas, agar memperhatikan persyaratannya seperti apa,” kata Prof Ellen.

Editor : Ishak Kusrant

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Dishub Kotamobagu Dan Satlantas Tertibkan Parkiran Liar

KOTAMOBAGU, TBnews – Menindaklanjuti keluhan Masyarakat, Pemerintah Kota ...