Home / Ekonomi & Bisnis / Jadi Objek Wisata, Wali Kota Manado Vicky Lumentut Meletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Adat Toraja ‘Tongkonan’

Jadi Objek Wisata, Wali Kota Manado Vicky Lumentut Meletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Adat Toraja ‘Tongkonan’

Manado,TBnews – Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah adat Toraja ‘Tongkonan’ di Wilayah Taman Budaya Paniki Manado, Selasa (16/2/2021).

Dalam peletakan batu pertama pembangunan rumah adat Toraja ‘Tongkonan’ ini turut dihadiri oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut Ramiel Jesaya, Perwakilan BPKP RI Sulut, Ketua Kerukunan Keluarga Toraja (KKT) Sulut Samuel Patabang, Para Pejabat Teras Pemkot Manado, Ketua dan Pengurus KKT Sulut, KKT Cabang dan warga Toraja di Manado, serta aparat keamanan setempat.

Dalam sambutannya Wali Kota Manado Vicky Lumentut berharap pembangunan rumah adat Toraja ‘Tongkonan’ bisa menjadi symbol Kerukunan bagi warga Toraja, sekaligus menjadi salah satu objek wisata dan taman budaya di Kota Manado, sehingga bisa menarik kunjungan wisatawan ke Sulawesi Utara, bahwa di Kota Manado, ada rumah adat Toraja ‘Tongkonan’ seperti di Tanah Toraja Sulawesi Selatan.

“Sehingga wisatawan tidak perlu lagi jauh-jauh ke Toraja, namun bisa ke Manado untuk melihat dari dekat rumah adat Toraja, yang menjadi symbol Kejayaan, kerukunan dan kekayaan orang Toraja,” jelas Wali Kota Vicky Lumentut.

Sementara itu Ketua KKT Sulut Samuel Patabang mengatakan, rumah adat Tongkonan nantinya akan dibangun dan di pasang dan didirikan di lokasi ini. Akan ada pembangunan lumbung yang akan ditempatkan disamping kiri dan kanan rumah adat Tongkonan, sehingga memperindah ciri khas rumah adat Toraja, seperti yang ada di Tanah Toraja.

“Ini bakal menjadi rumah adat pertama di Sulut dan Kota Manado, nantinya akan nampak seperti di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, sehingga bisa menarik wisatawan baik lokal maupun Mancanegara dan menopang program pemerintah daerah terutama kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata yang akan dibangun di wilayah Likupang Minahasa Utara,” kata Patabang.

Ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah daerah dan seluruh pihak serta panitia pembangunan Tongkonan yang terlibat dan menopang sehingga hari ini bisa melakukan pelettakan batu pertama pembangunan Tongkonan.

“Bagi siapa saja yang mau memberikan bantuan dan partisipasi bisa ditransfer ke Rekening BRI. Nomor Rekening
0054-01-003200-56-7 atas nama PANITIA PEMBANGUNAN TONGKONAN,” tambah Patabang.

Sebelum pelettakan batu pertama dilakukan, Pdt Honny Sirapandji memimpin dalam doa dan Ibadah singkat, agar pembangun Taman Budaya Toraja ini bisa menjadi berkat bagi banyak orang dan diberkati selama-lamanya.

Usai pelettakan batu pertama pembangunan rumah adat Tongkonan, dilanjutkan dengan acara ramah tama, dengan makanan khas Toraja.

Editor : Ishak Kusrant

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Gula Semut Aren Moyag Berpeluang Masuk Negara Vietnam

KOTAMOBAGU,EKBIS – Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ...