Home / Bolmong / Hadapi Cuaca Ekstrim, Tahlis Pimpin Apel Kesiapsiagaan

Hadapi Cuaca Ekstrim, Tahlis Pimpin Apel Kesiapsiagaan

BOLMONG,TBnews – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow tidak hanya menghimbau masyarakatnya waspada terhadap potensi bibit siklon tropis, namun di bawah komando Bupati Bolaang Mongondow, Yasti S Mokoagow, Pemkab Bolmong telah menyiapkan infrastruktur lapangan mengantisipasi terjadi cuaca ekstrim. Salah satu langkah yang sudah diambil yakni mengelar apel kesiapsiagaan.

Apel tersebut dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, di lapangan Upacara Kantor Bupati, di Lolak. Turut dihadiri Kepala BPBD Syahril Mogoagow bersama jajaran, Camat, Sangadi, unsur Forkopimda, para Asisten dan Kepala OPD lingkup Pemkab Bolmong.

Tahlis dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Bolmong sebagai salah satu wilayah yang rentan terjadinya bencana dan mengancam kehidupan manusia disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam serta faktor manusia.

“Dalam rangka mengantisipasi serta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrim, yang dapat menyebabkan terjadinya bencana alam hidrometerologi di wilayah Kabupaten Bolmong, maka perlu adanya kesiapsiagaan dan kewaspadaan dari semua pihak, untuk itu perlu ada kerjasama antar unsur Pemerintah, TNI, Polri, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media massa,” ucapnya.

Adapun tujuan di laksanakannya apel tersebut, untuk meningkatkan koordinasi antar dinas dan aparatur serta komponen masyarakat dalam melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan. “Sehingga saya menghimbau pada Camat dan Sangadi untuk mensosialisasikan potensi bibit siklon tropis hingga ke masyarakat. Kita juga sangat rentan dengan bencana alam diantaranya angin puting beliung, hujan lebat, disertai kilat/petir, hujan es dan lain-lain dampak yang dapat di timbulkan berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, genangan air, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” imbuhnya. (**)

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Deker : Pos Perbatasan Dalam Provinsi Hanya Pengawasan

BOLMONG,TBnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow saat ...