Home / Advertorial / Sempat Berdinamika, Agenda Paripurna DPRD Bolmong Akhirnya Sukses Dilaksanakan

Sempat Berdinamika, Agenda Paripurna DPRD Bolmong Akhirnya Sukses Dilaksanakan

BOLMONG,TBnews –  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Kamis (22/4) sukses menyelesaikam Paripurna yang membahas empat agenda penting dan strategis daerah, di ruang Paripurna DPRD Bolmong.

Dua agenda Rapat Paripurna DPRD Bolmong itu masing-masing yang pertama paripurna dalam rangka pembicaraan tingkat I penyampaian atas rancangan peraturan daerah (Ranperda) inisiatif DPRD tentang pedoman pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) dan Ranperda usulan Eksekutif tentang pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Selanjutnya agenda kedua, Rapat Paripurna dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggunhjawaban (LKPJ) Bupati tahun 2020 dan penyampaian hasil Reses masa sidang I tahun 2021.

Nampak rapat tersebut dipimpin Ketua DPRD Welty Komaling, didampingi Wakil Ketua Sukron Mamonto, dan dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Yanny R Tuuk, para Asisten, Kepala OPD serta seluruh Anggota DPRD.

Ketua DPRD saat membuka rapat menyampaikan, dilaksanakannya Paripurna, sebagai perintah dari amanat undang-undang serta sesuai regulasi yang ada.”Meski terjadi silang pendapat sesama wakil rakyat, namun agenda Paripurna berjalan sebagaimana diharapkan,” ucap Ketua.

Selanjutnya kata Ketua DPRD, nantinya dalam proses pembahasan akan ada tim panitia khusus (Pansus) DPRD untuk LKPJ Bupati tahun 2020. “Selanjutnya, akan ada pembentukan Pansus LKPJ,”sambungnya.

Adapun pandangan umum dari Fraksi yang ada di DPRD Bolmong atas LKPJ dan Ranperda yang diusulkan oleh pihak Eksekutif memberikan berbagai catat. Seperti yang disampaikan Fraksi Golkar. Terdapat 7 poin penting pandang Fraksi terkait dengan Ranperda Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Dari 7 poin tersebut, salah satunya Fraksi Golkar meminta kepada Pemerintah Daerah mempercepat vaksinasi kepada masyarakat umum agar dapat memperlambat penyebaran di lingkungan masyarakat.

Salin itu ada juga Fraksi PKB yang memberikan pandang terkait dengan Ranperda Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Dari beberapa point yang disampaikan, Fraksi PKB meminta Pemkab Bolmong menseriusi penanganan limbah medis Covif-19 dan meminta Pemkab Bolmong menambah besaran insentif petugas medis yang berhubungan langsung dengan pasien terkonifrmasi positif.

Sedangkan untuk pandangan umum Fraksi Nasdem, menurut Sekretaris Fraksi Febrianto Tangahu pihaknya menerima LKPJ Bupati tahun 2020 dan usulan Ranperda Covid-19 untuk di bahas pada tahap selanjutnya.

Sementara itu, Wabup Bolmong Yanny R Tuuk menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Paripurna tersebut. Wabup juga menyampaikan, adapun hasil dari pelaksanaan program kegiatan tahun 2020, menjadi tanggungjawab bersama antara eksekutif dan legislatif. “Sejumlah agenda ini harus digelar apalagi hal ini merupakan kepentingan daerah serta masyarakat Bolmong,” ucap Yanny.

Terpisah, Sekretaris Dewan (Sekwa) Yarlis Hatam menyebut, pihaknya juga sangat mengapresiasi atas terlaksananya paripurna tersebut.”Alhamdulillah agenda rapat yang sangat penting ini bisa terlaksana dengan sukses. Saya sangat mengapresiasi kepada seluruh Anggota DPRD yang telah disetuji semua fraksi untuk dibahas ke tahap selanjutnya. Kemudian akan dibahas melalui Pansus LKPJ 2020 oleh DPRD,”ujarnya.

Sekadar diketahui, dalam paripurna tersebut masing-masing juru bicara Fraksi diantaranya Fraksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi Nasdem, Fraksi PKB, Fraksi PKS dan Fraksi Persatuan Demokrat, menerima untuk dibahas ketingkat selanjutnya. (Advetorial)

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Hari Kartini : YSM Satu Satunya Perempuan di Sulut Jadi Narasumber di ‘DiscusShe’ Yang Diselenggarakan Tempo Media

BOLMONG,TBnews – Dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun ...