Home / Kotamobagu / Kotamobagu Masuk Zona Orange, Pelaksanaan Sholat Ied Menunggu Edaran

Kotamobagu Masuk Zona Orange, Pelaksanaan Sholat Ied Menunggu Edaran

KOTAMOBAGU, TBnews – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mengadakan pertemuan bersama, Camat serta Sangadi dan Lurah di Aula Kantor Walikota guna membahas terkait pelaksanaan sholat ied 1442 hijriah, Senin (10/05/2021).

Wakil Walikota yakni Nayodo Koerniawan yang memimpin pertemuan tersebut mempertanyakan, terkait rilis dari Satgas Covid-19 Provinsi yang menyatakan bahwa Kotamobagu saat ini masuk dalam zona orange.

Dimana sesuai instruksi dari Kementerian Agama, untuk zona hijau dan kuning bisa melaksanakan sholat ied di masjid ataupun lapangan, sedangkan zona merah dan zona orange dan harus melaksanakan dirumah.

“Rilis Minggu 9 Mei kemarin, kotamobagu zona orange. Sehingga mungkin kita harus menjalankan instruksi mentri agama, tidak bisa sholat ied dilapangan dan harus dirumah masing-masing. Ini sangat berat karena kebiasaan adalah sholat ied di masjid,” Kata Nayodo.

Ia pun mengatakan, untuk Kotamobagu hanya ada satu Kelurahan yang masih dalam zona merah disebabkan beberapa orang yang positif di dalam rutan Kotamobagu. Namun hingga saat ini, mereka yang positif telah dilakukan karantina secara ketat.

“Harus dipastikan kembali, karena kasihan Masyarakat yang sudah menyediakan tempat untuk sholat ied. Jadi sebisa mungkin segera dipastikan ke provinsi, terkait rilis yang dikirim,” Pinta Nayodo kepada Kadis Kesehatan yakni dr Tanty Korompot.

Sementara itu, dr Tanty menuturkan total negatif ada sekitar 99 orang dan pada hari ini informasi dirilis hanya tinggal beberapa orang saja, sehingga seharusnya Kotamobagu masuk dalam zona kuning.

“Insyaallah besok update peta sebaran akan segera dikirim. Seharusnya kotamobagu masuk zona kuning. Tapi kita menunggu hasil dari provinsi dan tetap juga menunggu edaran dari Walikota. Tentunya kita semua berharap, agar pelaksanaan sholat ied bisa dilaksanakan seperti pada umumnya,” Pungkasnya.

Penulis : Savdar Fransisco

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Syarat Pendidikan Calon Sangadi di Kotamobagu Minimal SMP

Gambar Ilustrasi KOTAMOBAGU,TBNEWS – Bulan Desember 2021 nanti ...