Home / Kotamobagu / 40 Peserta Perwakilan Koperasi se Kotamobagu Ikuti Pelatihan Yang Digelar Disdagkop-UKM

40 Peserta Perwakilan Koperasi se Kotamobagu Ikuti Pelatihan Yang Digelar Disdagkop-UKM

BOLMONG,TBNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop-UKM)mengelar pendidikan dan pelatihan perkoperasian. Kegiatan berlangsung di aula Kantor Wali Kota Kotamobagu, Selasa (15/6).

Kepala Dinsdakop-UKM, Herman Aray melalui Kepala Bidang Koperasi, Meiva Najoan, mengatakan tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) para anggota koperasi, baik dari sisi pengelolaannya maupun secara administrasi.

“Karena dari pengamatan kami, koperasi yang ada sekarang ini berjalan tapi administrasinya dan lain-lain masih ada yang kurang dan harus dibenahi,”terangnya.

Bahkan dalam kesempat itu Meiva mengungkapkan, hampir secara keseluruhan  badan usaha koperasi di Kota Kotamobagu belum memiliki Nomor Induk Koperasi.“Makanya diperlukan pelatihan untuk mereka, dengan tujuan juga untuk memberikan Nomor Induk Koperasi. Karena pada saat ini hanya CU Mototabian yang memiliki Nomor Induk Koperasi dari 33 Koperasi yang ada di Kota Kotamobagu,” bebernya.

Selain itu, memberikan pelatihan penatausahaan administrasi, Meiva menjelaskan pihaknya juga mengajarkan 40 peserta melakukan penginputan data untuk koperasi.

“Jadi ini sebenarnya data ini diinput oleh masing-masing koperasi, tapi karena mereka belum diinput, maka kami yang fasilitasi, kami yang menunjukan cara peniginputannya,” sambungnya.

Lebih lanjut Meiva berharap setelah dilaksanakan pelatihan, pengetahuan dan pengelolaan Koperasi di Kotamobagu harus lebih baik.“Untuk yang tidak hadir, nanti kami kunjungi langsung di tempat mereka. Nomor Induk Koperasi ini penting sekali, karena jika belum ada maka koperasi itu tidak akan terdaftar di pusat dan tidak akan mendapatkan bantuan. Semoga pelatihan dan pendidikan ini bisa bermanfaat dan menjadikan koperasi di Kotamobagu lebih baik dan maju,” harapnya. (**)

 

Bagikan Berita ini
x

Check Also

PT JRBM Bolmong Support Dua Tabung Oksigen di RSUD Kotamobagu

KOTAMOBAGU,TBNEWS –Ditengah lonjakan kasus Covid-19 di Provinsi Sulawesi ...