Home / Kotamobagu / Balai PKB Kotamobagu Terakreditasi B, Selesi Uji KIR Pengendara Terima BLU-e

Balai PKB Kotamobagu Terakreditasi B, Selesi Uji KIR Pengendara Terima BLU-e

KOTAMOBAGU,TBNEWS – Sempat vakum 2 tahun karena belum di kalibrasi ulang oleh Kementerian Perhubungan, terhitung sejak Januari 2021 Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) milik Dinas Perhubungan Kota Kotamobagu mulai melakukan pengujian kendaraan roda empat.

Tidak hanya di kalibrasi ulang, Balai PKB milik Dishub Kotamobagu sudah mendapatkan akreditasi tingkat B dari Kementerian Perhubungan. Bahkan sejak Januari 2021, Balai PKB Dishub Kotamobagu mulai mengunakan Buku Lulus Uji Elektronik atau BLU-e dalam Uji Berkala Kendaraan Bermotor (Uji KIR). Penggunaan BLU-e mulai diberlakukan Kementerian Perhubungan sejak tahun 2020 melalui Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor KP.1743/AJ.502/DRJD/2020 tentang Pedoman Penerbitan Bukti Lulus Uji Berkala Kendaraan Bermotor Secara Elektronik.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Nasli Paputungan Balai PKB sudah mengantongi akreditasi tingkat B dair Kementeiran Perhubungan “Akreditasi dari C naik ke B. saat ini sudah ada 9 alat pengujian kendaraan. Kami juga sudah mengunakan Buku Lulus Uji Elektronik (BLU-e), sehingga tidak ada lagi yang namanya plat samping.” Ucap Nasli.

Dijelaskan Nasli, setelah melalui 9 alat uji, hasil uji kendaraan akan dikirimkan ke Kementerian secara online “Setelah semua tahapan uji di lewati, hasil dari pengujian kendaraan tersebut petugas akan mengirimkan ke Kementerian. Waktunya tidak lama sekitar 15 menit sudah terbit tiga item, barcode, BLU-e dan sertifikat uji.” Jelasnya.

Adapun kegunaan barcode, BLU-e dan sertifikat tersebut akan ditinjukan saat pemeriksaan “Barcode ditempelkan di kaca depan, nantinya saat pemeriksaan petugas tinggal memindai barcode. Kalau pun tidak ada jaringan pengendara bisa menunjukan BLU-e dan sertifikasi.” Jelasnya.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Syarat Pendidikan Calon Sangadi di Kotamobagu Minimal SMP

Gambar Ilustrasi KOTAMOBAGU,TBNEWS – Bulan Desember 2021 nanti ...