Home / Bolmong / Investor Untuk KIMONG Mulai Berdatangan

Investor Untuk KIMONG Mulai Berdatangan

BOLMONG,TBNEWS – Kawasan Industri Mongondow (Kimong) yang digagas oleh Bupati Bolaang Mongondow, Yasti S Mokoagow bukan isapan jempol. Setelah mendapatkan kepastian masuk dalam RPJMD Provinsi Sulawesi Utara dan menarik perhatian dari Menteri Investasi dan BKPM, beberapa waktu lalu. Selasa (15/6) Kimong di kunjungi investor dari Negara Prancis.

Kunjungan tersebut bertempat di kantor Kawasan Industri Mongondow (Kimong) Jln Trans Sulawesi, Desa Lalow, Kecamatan Lolak. Usai mengelar pertemuan bersama Kepala OPD. Manajemen Kimong bersama Investor dan Kepala OPD meninjau lahan tanah daerah yang berpotensi untuk di tanami jagung.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kadis Pertanian Remon Ratu. Menurutnya, investor tersebut meninjau lahan tanah daerah yang akan bergerak dibidang pertanian berupa tanaman jagung dan tanaman kopi.“Hari ini kami bersama investor dari Prancis tinjau lokasi diwilayah desa Totabuan kecamatan Lolak,” kata Remon.

Ia menjelaskan, untuk tanaman kopi harus diketinggian 800-1000 meter, ini yang akan ditinjau oleh tenan.“Wilayah mana yang layak dan cocok untuk ditanam kopi,” sambung Remon.

Sementara itu Kaban Bappeda Bolmong Taufik Mokoginta memastikan, Pemkab Bolmong akan menyiapkan lahan yang potensial rencana dibangun dan dikelola oleh investor.“Investor dari Perancis yang datang saat ini adalah perusahaan terbesar ketiga di Negara tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut Taufik mengungkapkan investor berasal dari Prancis bernaung dibawah Kimong grup. Bahkan saat ini investor yang masuk kurang lebih 100 tenan, dan diprediksikan investasinya mencapai 164 triliun.“Jika sebesar itu maka saya yakin analisa pendapatan asli daerah (PAD) bisa mencapai setahun 1 triliun seperti APBD Bolmong saat ini,” ungkapnya.

Adapun lahan yang sudah  disiapkan oleh Pemkab Bolmong seluas 3.400 hektar, dengan status tanah daerah.“Ini tentu akan menjadi saham milik Pemkab Bolmong dan tentu yang akan merasakan anak cucu kita kedepannya” ujar Taufik. (**)

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Bencana Alam Landa Kabupaten Bolmong, Yasti Himbau Masyarakat Waspada

BOLMONG,TBNEWS – Usai meninjau empat titik wilayah terdampak ...