Home / Advertorial / Kerja Sama BPSDMP Kominfo Manado, Asisten II Pemkab Bolmong Buka Pelatihan DEA

Kerja Sama BPSDMP Kominfo Manado, Asisten II Pemkab Bolmong Buka Pelatihan DEA

BOLMONG,TBNEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melaksanakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) tahun 2021 bekerja sama dengan Balai Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Manado, Kamis (9/6) bertempat di hotel Sutan Raja Kota Kotamobagu.

Kegiatan yang dibuka Asisten II Pemkab Bolaang Mongondow, Zainuddin Paputungan turut dihadiri Kepala BPSDMP Manado Christiany Juditha, S.Sos, M.A., Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Kepala Dinas Kominfo Bolmong, serta peserta pelaku usaha.

 

Juditha dalam sambutannya menyampaikan data dari Bank Dunia bahwa Indonesia telah mengalami kesenjangan talenta digital. Saat ini Indonesia membutuhkan 9.000 juta talenta digital. “Rata rata pertahun kita membutuhkan 600 ribu talenta pertahun. Jadi masih ada jarak yang sangat besar untuk talenta digital. Nah, untuk mengatasi hal tersebut Kemenkominfo bersama ekosistem terkait tengah melakukan percepatan pembagunan infrasturktur talen komunikasi  yang akan memanfaatkan infrastruktur tersebut.” Ucapnya.

Ia pun mengakui Kemenkominfo sudah memilik infrastruktur namun masih kekurangan kemampuan SDM “Meskipun kita sudah memiliki infrastruktur dari Sabang sampai Merauke tapi tidak ditunjungan dengan kemampuan SDM untuk mengelola itu, semua akan sia sia. Tanpa SDM yang cakap ruang digital berpotensi bisa disalahgunakan untuk tujuan tertentu.” Bebernya.

Lebih lanjut Juditha menambahkan apa lagi saat ini Covid-19 melanda sejak tahun 2020. Jadi segala aktivitas yang tadinya secara manual kita dipaksa berpindah dan mengarah ke digitalisasi termasuk UKM kena imbasnya.”Kementerian Kominfo sebagai liding sector dibidang TIK memiliki program prioritas pengembangan SDM unggulan yang diberi nama Digital Talent Scholarship yang sudah empat tahun berjalan. Tujuannya untuk memberikan pelatihan digital sertifikasi dibidang TIK.” Pungkasnya.

 

Sementara itu Asisten II Pemkab Bolmong yang mewakil Bupati Bolaang Mongondow dalam sambutannya menyampaikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu yang harus ada dan diikuti oleh masyarakat modern saat ini “Terutama dalam menghadapi era globalisasi dan revolusi industri 4.0, yang telah mengubah cara manusia berpikir dan berhubungan satu dengan yang lain, sekaligus telah mempengaruhi pola mobilitas yang memungkinkan terjadinya komunikasi jarak jauh, dimana masyarakat memiliki akses terhadap informasi dimanapun berada, sehingga konsekuensinya masyarakat menjadi kritis dan tanggap terhadap banyak hal yang berkembang.” Ucap Paputungan.

Bupati Bolmong lewat sambutan yang dibacakan Asisten II , mendorong daya kreatifitas pelaku UMKM di Bolmong dengan memanfaatkan perkembang teknologi “Untuk membangun sumber daya manusia yang unggul dan handal, maka pemerintah kabupaten bolaang mongondow saat ini mendorong para pelaku UMKM maupun calon wirausahawan, agar selalu kreatif, inovatif dan produktif serta mampu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi di situasi pandemi Covid-19.” Harapnya.

Lebih lanjut pada kesempata tersebut Bupati Bolmong menyampaikan harapnya kepada pelaku usaha serta Instansi terkait. Menurut Bupati Bolmong, tahun 2021 ini merupakan tahun pemulihan dari pandemi covid 19. “Pemerintah pusat telah memberikan stilmulus ekonomi untuk mendongkrak perekonomian bagi pelaku UMKM di daerah, sehingga kegiatan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy kali ini, tentunya akan membuka dan menambah wawasan.” Harapnya.

 

“Kepada kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bolaang Mongondow, saya minta untuk membuatkan peta jalan atau road map yang jelas dan berkelanjutan, agar pengembangan UMKM berbasis digital tidak hanya selesai pada ruang pelatihan, tetapi hadir serta dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat kabupaten bolaang mongondow.” Pintanya.

“Kepada seluruh peserta pelatihan saya berharap untuk dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan memahami materi yang akan disampaikan nanti, sehingga peserta pelatihan mampu menguasai aplikasi dan teknologi sistem pasar digital atau pasar online sebagai tren jual-beli masa kini, yang pada gilirannya diharapkan dapat mendongkrak nilai produk domestik regional bruto Kabupaten Bolaang Mongondow.” Pungkasnya. (Advetorial)

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Empat Tahun Bekerja Untuk Bolmong, Yasti – Yanny Torehkan Prestasi

BOLMONG,TBnews – Semenjak dilantik sebagai Bupati dan Wakil ...