Home / Ekonomi & Bisnis / Dikemas Dalam Bentuk Teh, Daun Bidara Jadi Alternatif Pengobatan

Dikemas Dalam Bentuk Teh, Daun Bidara Jadi Alternatif Pengobatan

KOTAMOBAGU,EKBIS – Pengobatan alternative dengan memanfaatkan daun daunan sudah dilakukan sejak lama. Menariknya pengobatan alternative kali ini dikemas dalam bentuk minuman. Daun bidara sudah dikenal sejak lama sebagai alternatif pengobatan untuk berbagai masalah kesehatan.

Tidak hanya digunakan untuk mengusir mahluk halus, daun bidarai bisa mengobati sejumlah penyakit ringan. Tanaman  bernama latin Ziziphus ini mulai dilirik sebagai peluang usaha dalam bentuk minuman oleh Muhammad Subhan warga Perum Permai Kelurahan Pobundayan.

Subhan memanfaatkan daun bidara menjadi produk minuman kesehatan yang dilabeli Teh Daun Bidara Bima Pobundayan Permai. Pria asal Bima (Nusa Tenggara Barat) yang saat ini tercatat sebagai Wakil Kepala Sekolah salah satu SMP di Kotamobagu ini, menuturkan awal mula ia bersama sang istri mulai menggeluti usaha penjualan minuman kesehatan ini.

“Usaha ini tercetus saat saya kembali menimba ilmu S2 di pulau jawa. Nah, disana ada beberapa teman yang sudah lebih dulu menjalankan usaha tersebut, sehingga mereka memberikan saran untuk coba membuka usaha ini tatkala kembali ke Kotamobagu,” terang Ustadz Subhan sapaan akrabnya.

Diterangkan Subhan, usaha produk teh daun bidara ini baru dilakoninya 3 bulan silam. “Awalnya kita menjual dalam bentuk bubuk, namun karena ada saran dari teman sehingga saya dan istri coba memproduksi daun bidara ini dalam bentuk teh siap saji agar lebih mudah dan praktis,” ujarnya.

Meskipun  baru dimulai dalam 3 bulan terakhir namun usaha ini sudah merambah hingga keluar daerah “Sudah mulai banyak yang tahu, bahkan ada beberapa konsumen dari luar daerah seperti Manado dan Gorontalo yang mencoba produk ini dan alhamdulillah testimoninya konsumen sangat baik,” terangnya.

Harga yang ditawarkan pun cukup murah, jika dibandingkan dengan manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi minuman kesehatan ini. Untuk 1 botol dengan ukuran 500 ml, hanya dibanderol dengan harga Rp 20.000.

“Produksi masih kami batasi, mengingat masa kadaluarsanya. Dalam sehari saya bersama istri memproduksi sekitar 50 botol. Untuk pembelian, bisa langsung ke alamat kami di Perum Permai Pobundayan Blok/F Nomor 720, atau melalui kontak telepon di nomor 085399575723, WA 082346432023,” pungkasnya.

Sekedar informasih manfaat Teh Daun Bidara diantaranya, Meningkatkan imun/ stamina tubuh; Meredakan sakit gigi dan flu; Menurunkan panas/demam; Mencegah dan mengobati diabetes; Mengobati dan menyehatkan pencernaan/Maag; Menyembuhkan rheumatik, asam urat dan kolestrol; Menetralkan darah tinggi; Meringankan masalah wasir; Meningkatkan kualitas tidur; Menyembuhkan gangguan mata; Menyembuhkan batuk/mengeluarkan dahak; Menghilangkan lelah/pegal di badan serta Menyembuhkan sakit pinggang. (**)

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Kopi Organik Sinondag Jadi Pilihan Penikmat Kopi di BMR

KOTAMOBAGU,EKBIS – Kopi salah satu dari sekian minuman ...