Home / Bolmong / Dua Warga Toruakat Korban Penembakan Dilokasi Tambang Berizin PT BDL

Dua Warga Toruakat Korban Penembakan Dilokasi Tambang Berizin PT BDL

BOLMONG,TBNEWS – Dua warga Desa Toruakat Kecamatan Dumoga menjadi korban penembakan orang tidak dikenal di lokasi pertambang emas PT Bulawan Daya Lestari (BDL) perkebunan Monsi.

Dari informasi yang dihimpun awak media ini, puluhan warga Desa Toruakat mendatangi lokasi pertambangan PT BDL dengan tujuan melakukan mediasi terkait lahan perkebunan warga Toruakat yang sudah diduduki pihak perusahaan.

Informasi ini disampaikan salah satu ibu kandung korban penembakan. Menurut Sa’Dia Hamadi, tujuan kedatang anaknya bersama warga Toruakat ke lokasi perkebunan untuk melakukan mediasi.

“Dari sini mereka niatnya mediasi lahan Toruakat yang sudah di ambil perusahaan. Setelah diatas itu, informasi yang saya dapat dari anak saya dan orang orang yang ada di atas, masyarakat belum sempat melakukan mediasi sudah di sambut dengan samurai. Orang orang yang menyambut itu dari perusahaan, tapi kami tidak tau mereka itu orang dari mana. Mereka ini sudah ada persiapan terlebih dahulu.” Ungkap Sa’Dia Hamadi

Bahkan Ibu dari Tian ini mengatakan kedatang warga ke lokasi perkebunan yang sudah dijadikan tambang itu turut didampingi aparat Desa “Yang berangkat ke lokasi perkebunan itu bukan hanya warga tapi ada aparat desa. Sehingga kehadiran warga disana itu bukan untuk bertikai. Saat ini anak saya masih akan di rontgen, ada lubang di dada sebelah kiri, lubang seukuran jagung.” Terangnya.

Dari informasi yang beredar serta video rekaman, puluhan orang yang menjaga lokasi tambang PT BDL membawah samurai hingga pisau. Hal ini tentu menjadi tanda tanya besar, perusahaan tidak lagi mengunakan aparat keamanan dalam mengaman asetnya. Selain korban luka tembak, dari informasi yang beredar terdapat satu korban meninggal akibat luka tembak.

Dengan adanya korban tewas serta luka, Pemerintah Provinsi dan Pusat memiliki tugas melakukan evaluasi terhadap izin pertambangan PT BDL yang beberapa waktu lalu melakukan perpanjang izin.

Hinga berita ini diturunkan awak media masih menunggu informasi resmi dari pihak berwajib terkait dengan berapa orang korban luka tembak dan korban meninggal di lokasi pertambang PT BDL.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Buka Muscab Gerakan Pramuka, Yasti Harap Pramuka di Bolmong Kembali Bergairah

BOLMONG,TBNEWS – Gerakan Pramuka Kabupaten Bolaang Mongondow mengelar ...