Home / Bolmong / Hujan Deras Sejumlah Desa di Kecamatan Sang Tombolang Terdampak Luapan Air Sungai Hingga Banjir Bandang
Desa Batu Merah/Sumber Facebook

Hujan Deras Sejumlah Desa di Kecamatan Sang Tombolang Terdampak Luapan Air Sungai Hingga Banjir Bandang

BOLMONG,TBNEWS – Diguyur hujan deras beberapa jam, sejumlah Desa di Kecamatan Sang Tombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow  terdampak luapan air sungai hingga banjir bandang. Hal ini sebagaimana  gambar yang tengah viral di media social menunjukan salah Desa diterjang banjir bandang dan mengakibatkan rusaknya rumah milik warga.

Kepala Desa Domisil Sirajudin Katili saat dihubungi awak media membenarkan sejumlah rumah di Desanya tergenang air sungai. Bahkan saat ini ia bersama warga Desa tengah bersiap jika sewaktu waktu banjir bandang menyapu pemukiman.

“Hujan sejak jam 12 siang tadi tapi langsung hujan deras. Untuk saat ini baru genangan setinggi satu meter. Ada 3 rumah di dusun I yang tergenang air sungai.” Ungkap Sirajudin.

Selain itu ia mengaku pihaknya tengah was was, pasalnya jembatan kembar yang ada di tengah kampong hampir dipenuhi material dan batuan besar “Posisi saat ini ketinggi material dan batu besar di jembatan kembar hampir satu meter, kemudian jembatan tertutupi. Kalau hujan masih berlanjut ada kemungkinan jembatan akan penuh dan air akan masuk ke pemukiman. Bisa seperti tahun kemarin.” Bebernya.

Saat ini pihaknya sudah meminta warga untuk mengosongkan rumah “Warga yang tinggal di dekat sungai dan jembatan kami minta untuk sementara waktu tinggal di Balai Desa atau ke tempat saudarahnya yang aman, kami juga sudah melaporkan ini ke BPBD.” Ungkapnya.

Desa Bolangat/Sumber Facebook

Selain Desa Domisil, Desa Cempaka, Bolangat Timur dan Induk serta Batu Merah mengalami luapan air sungai hingga banjir bandang. Menurut Kepala BPBD Kabupaten Bolmong Sahril Mokoagow saat ini pihaknya sudah mendapatkan informasi, terkait luapan hingga banjir bandang di Kecamatan Sang Tombolang.

“Desa Bolangat Timur dan Induk hampir semua rumah terdampak luapan air sungai. Selain itu Desa Batu merah banjir bandang. Kurang lebih ada 4 rumah hanyut.” Ucap Sahril.

Lebih lanjut pihaknya menghimbau warga yang tinggal di wilayah rawan bencana agar sementara waktu mencari tempat aman “Untuk warga yang tinggal di lokasi lokasi rawan bencana supaya tidak tinggal sementara waktu. Sebaiknya mencari tempat aman, di rumah keluarga atau menghubungi Pemerintah Desa setempat supaya dapat dicarikan tempat aman.” Harap Sahril.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Buka Muscab Gerakan Pramuka, Yasti Harap Pramuka di Bolmong Kembali Bergairah

BOLMONG,TBNEWS – Gerakan Pramuka Kabupaten Bolaang Mongondow mengelar ...