Home / Bolmong / Akan Jadi Pemda Pertama di Sulut Pengguna Aplikasi SPIP, Pemda Bolmong Gelar Bimtek SPIP Terintegrasi

Akan Jadi Pemda Pertama di Sulut Pengguna Aplikasi SPIP, Pemda Bolmong Gelar Bimtek SPIP Terintegrasi

BOLMONG,TBNEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow, Kamis (21/10) pagi tadi mengelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) teringtegrasi. Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekd) Tahlis Gallang digelar di ruang rapat Bappedalitbangda, serta menghadirkan narasumber dari BPKP perwakilan Sulawesi Utara.

Hadir sebagai peserta diantaranya pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat, Sekretaris Dinas dan Badan, serta Kasubag program di setiap Dinas dan Badan.

Tahlis saat membuka pelaksanaan Bimtek terintegrasi menyampaikan kegiatan tersebut sedianya akan dilaksanakan sejak pecan lalu, namun pihaknya masih menunggu pelaksanaan pelantikan untuk 13 jabatan yang dilelang “Rencananya kegiatan Bimtek ini akan dilakukan sejak kemarin tapi karena masih menunggu dulu pelantikan 13 jabatan pimpinan SKPD sehingga baru dilaksanakan.  Mereka yang duduk paling depan ini semuanya sudah pejabat definitive.” Ucap Tahlis semberi memperkenalkan kepada narasumber dari BPKP perwakilan Sulawesi Utara.

Tahlis mengatakan Bimtek yang digelar saat ini adalah metode yang baru atau kita sudah mengunakan SPIP new “Ini SPIP dengan metode yang baru, kalau sebelumnya kita di SKPD tidak tau bagaimana proses penilaianya SPIP sudah ada di level berapa tidak pernah bahas. Tapi mulai tahun ini penilaiannya mandiri, atau sudah diserahkan di SKPD masing masing.” Kata Tahlis.

Sebelumnya, Tahlis menjelaskan penilaian SPIP ini dilakukan oleh inspektorat dan penjamin mutunya dari BPKP “Kalau dulu ini hanya dilaksanakan oleh Inspektorat, saat ini dilakukan oleh masing masing SKPD. Penilaianya mandiri, dan penjamin mutu itu Inspektorat. Saat ini penilaian sedang jalan, penjamin mutu juga berproses, jadi seiring sejalan.” Tambabh Tahlis.

Lebih lanjut Tahlis berharap peserta dapat mengikuti pelaksanaan Bimtek dengan baik, sebab narasumber yang dihadirkan sudah dikenal dan cukup berpengalaman “Narsumber kita ini sudah saya kenal, dan mereka cukup berpengalaman. Saya harapkan ini diikuti dengan sebaik baiknya, karena ini bekal. Jangan sampai kemudian teknologi semakin berkembang, ilmu pengetahun semakin maju, tetapi pola pikir dan cara kerja kita masih biasa biasa saja. Kita akan ketinggalan, satu atau dua tahun kedepan persaingan teknis bukan lagi kemampuan manajerial. Ini yang harus di pahami teman teman semua.” Harap Tahlis.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Yasti Ajak TV Kabel Dan Radio di Bolmong Kantongi Perizinan

BOLMONG,PEMERINTAHAN – Banyaknya jumlah sambungan TV Kabel dan ...