Home / Ekonomi & Bisnis / Kunjungi Petani Kopi Arabika Moanok Kotamobagu, Korporatisasi Kemenko RI Temuka Yang Dicari

Kunjungi Petani Kopi Arabika Moanok Kotamobagu, Korporatisasi Kemenko RI Temuka Yang Dicari

KOTAMOBAGU,EKBIS – Selang dua hari, Kementerian Kordinator Bidang Perekonomi (Kemenko Ekonomi) RI melalui Korporatisasi Pertanian bersama Kemendagri mengunjungi Kota Kotamobagu. Kunjungan tersebut diketahui untuk melihat pertanian Kopi dan Kakao dengan metode hulu hingga hilir.

Ini sebagaimana yang dipaparkan Kordinator Tim Korporatisasi Pertanian Kemenko Bidang Perekonomi, Toni Nainggolan saat mengelar pertemuan perdana bersama Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, Wakil Wali Kota Nayodo Kurniawan, OPD, dan kepala Desa.

Menurut Toni tujuan dibentuknya Korporatisasi Pertanian untuk menyatukan petani sehingga terlibat dari hulu hingga hilir. Hal ini berangkat dari keprihatinan Presiden Jokowi Dodo yang melihat kondisi petani Indonesia.

“Semua ini berangkat dari keprihatinan Presiden yang melihat kondisi petani kita hanya begitu saj. Lahanya sudah kecil, pendapatannya juga kecil. Sehingga lewat rapat terbatas tahun 2017 dibentuklah Korporatisasi pertanian yang dibawahi Kementerian Kordinator Bidang Perekonomi. Kita ingin petani terlibat dari hulu hingga hilir, sehingga lewat kunjungan kita berharap menemukan di Kotamobagu dan dapat menjadi contoh bagi petani yang lain.” Ucap Tani, Selasa (9/11).

Dua hari berada di Kotamobagu, Tim Korporatisasi Pertanian Kemenko Bidang Perekonomi RI menemukan apa yang dicari. Hal itu setelah Tim Korporatisasi bersama Pemerintah Kota Kotamobagu melakukan peninjauan lapangan di perkebunan Mobalang tepatnya di kebun Kopi Arabika Moanok milik Rudi Mokodompit.

Tony Naingolan selaku Ketua Tim Korporatisasi Kemenko Bidang Perekonomian mengungkapkan, ia bersama tim telah menemukan metode petani pelaku hulu hingga hilir pada Rudi Mokodompit. “Pak Rudi mampu mengelola potensi yang ada di lingkungan. Ia menjadi pelaku pada metode dari hulu sampai hilir. Apa yang ia lakukan pada tanaman kopi sudah ditiru oleh petani yang lain,” ungkap Toni.

Sementara itu Rudi Mokodompit menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dari Tim Korporatisasi Kemenko Bidang Ekonomi. Menurut Rudi pihaknya siap menjadi percontohan bagi petani lain “Apa yang menjadi tujuan kedatangan Tim Korporatisasi Pertanian sudah mereka dapat di sini, di kebun kopi sampai tempat pengolahan kopi saya. Saya menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan ini, dan tentu sebagai petani kopi yang memulai dari hulu hingga hilir saya siap untuk menjadi percontohan.” Ucap Rudi, sembari menambahkan kedepan dirinya akan terus mengembangan pertanian kopi hingga produksi kopi.

 

Penulis : Abdi F Sutmo

 

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Kotamobagu, Kota Kecil Dengan Tingkat Produksi Kopi Dan Kakao Tinggi

KOTAMOBAGU,EKBIS – Meskipun hanya memiliki luas wilayah 108,9 ...