Home / Bolmong / Remon : Kualitas Pupuk Menentukan Hasil Produksi Padi

Remon : Kualitas Pupuk Menentukan Hasil Produksi Padi

BOLMONG,PEMERINTAHAN – Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bolaang Mongondow, Remon Ratu mengungkapkan saat ini BPPT tengah mendistribusikan bibit padi sulutan dan inpari.

Menurut Ratu, dua varietas tersebut sangat menguntungkan petani dari sisi hasil produksi “Bibit padi sulutan dan inpari ini yang kemarin sempat di sampaikan Bupati. Selain unggul dari sisi produksi, rasanya juga enak tidak kalah dengan jenis padi lain.”terangnya.

Adapun hasil produksi dua jenis padi ini mencapai 8 hingga 11 ton per hektar ” 7 sampai 8 ton gabah kering per hektar. Bahkan ada di desa konarom bisa mencapai 11 ton.” Ungkapnya.

Namun hasil produksi ini, menurut Remon ditentukan cara perawatan “Untuk bisa mencapai hasil 11 ton atau minimal 7 dan 8 ton padi harus di rawat betul. Apa lagi untuk pemupukan jangan sampai terlambat. Biasanya petani kita menunggu subsidi, ini yang salah.” Benernya.

Harusnya petani yang mampu tidak mengunakan pupuk subsidi, supaya hasil panen maksimal sambung Ratu petani sebaiknya mengunakan pupuk non subsidi “Bedanya subsidi dan non subsidi itu ada di kandungan NPK. Untuk subsidi kandungan NPK rendah, sedangkan non subsidi sangat tinggi.” Ungkapnya.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Jadi Kandidat Percontohan Program Hiba USA Compac-2 MCC, Bolmong Usulkan Pembangunan Infrastruktur Senilai 375 Miliar

BOLMONG,PEMERINTAHAN – Awal tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Bolaang ...