Home / Bolmong / Bupati Bolmong Terbitkan SK Pencegahan Dan Penurunan Stunting di 20 Desa Dan Kelurahan Tahun 2022

Bupati Bolmong Terbitkan SK Pencegahan Dan Penurunan Stunting di 20 Desa Dan Kelurahan Tahun 2022

BOLMONG,PEMERINTAHAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow terus menunjukan komitmenya dalam pencegahan dan penanganan stunting berkelanjutan. Hal ini dapat dilihat setelah dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Nomor: 229 Tahun 2021, tentang penetapan desa/kelurahan prioritas pencegahan dan penanganan stunting di tahun 2022.

Dengan adanya SK ini, Badan Perencanaan dan Pembangunan Bappeda Bolmong tahun 2022 tersebut, fokus dalam intervensi penurunan stunting terintegrasi di 20 desa.

Kepala Bappeda Taufik Mokoginta mengatakan, penetapan perluasan kabupaten/kota lokasi fokus intervensi penurunan stunting terintegrasi Tahun 2022 juga berdasarkan surat Menteri PPN/Kepala Bappenas Nomor Kep.10/M.PPN/HK/02/2021.

“Aksi tersebut adalah melakukan pemetaan program kegiatan dan sumber pembiayaan terkait stunting hingga tingkat desa/kelurahan, melaksanakan pertemuan daerah bersama seluruh organisasi, perangkat daerah, camat, kepala desa, dan pihak lain, melakukan pengumpulan dan publikasi data stunting  dan menggunakan data sebagai dasar perbaikan program,” terang Taufik.

Pihaknya juga tengah menyusun kebijakan dan melaksanakan kampanye perubahan perilaku dan komunikasi antar pribadi terkait percepatan pencegahan stunting, dan meningkatkan peran desa/kelurahan dalam melakukan konvergensi percepatan pencegahan stunting di desa/kelurahan.

“20 desa yang menjadi fokus kita tersebar di enam kecamatan. Masing-masing Kecamatan Dumoga Utara ada delapan desa. Yakni, Desa Tumokang Timur, Mopugad Utara, Mopugad, Mopuya Selatan, Tumokang Baru, Mopuya Selatan, Mopuya Utara dan Desa Mopugad Selatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Taufik mengungkapkan, Kecamatan Dumoga Barat terdapat empat desa. Yakni, Makaruo, Doloduo Tiga, Matayangan dan Desa Toraut Utara. Kecamatan Dumoga Timur hanya ada Desa Dumoga Dua. Sedangkan Kecamatan Lolayan yakni, Desa Matali Baru dan Desa Tanoyan Selatan. “Kecamatan Lolak diantaranya Desa Totabuan, Lalow, Diat dan Desa Mongkoinit, serta Kecamatan Bolaang ada Desa Solimandungan Dua,” pungkasnya. (**)

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Jadi Kandidat Percontohan Program Hiba USA Compac-2 MCC, Bolmong Usulkan Pembangunan Infrastruktur Senilai 375 Miliar

BOLMONG,PEMERINTAHAN – Awal tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Bolaang ...