Home / Advertorial / DPRD Bolmong Gelar Paripurna Tingkat II Ranperda APBD Tahun 2022
Rapat Paripurna Tingkat II Penetapan Ranperda APBD Tahun 2022

DPRD Bolmong Gelar Paripurna Tingkat II Ranperda APBD Tahun 2022

BOLMONG,ADVETORIAL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mengelar paripurna dalam rangka pembicaraan tingkat II Penetapan Persetujuan Atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Tahun 2022. Selain itu juga DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow mengelar Penetapan Ranperda Pengelolaan Barang Milik daerah.

Rapat paripurna itu berlangsung di Gedung DPRD Bolmong dipimpin langsung Ketua DPRD Welty Komaling didamping Wakil Ketua Sulhan Manggabarani, dan dihadiri oleh Wakil Bupati Yanny Rony Tuuk STh, Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, Sekretaris DPRD Yarlis Hatam, para Anggota Dewan, Asisten dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bolmong.

Penandatanganan Berita Acara Penetapan Ranperda APBD Tahun 2022 Oleh Ketua DPRD Bolmong

Mengawali pada rapat tersebut, juru bicara badan anggaran (Banggar) DPRD Bolmong Wolter Barakati ikut menyampaikan rincian belanja APBD tahun 2022.

Pada kesempatan itu juga, Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk STh yang mewakili Bupati Soepredjo Mokoagow mengucapkan terima kasih kepada segenap pimpinan dan seluruh anggota DPRD Bolmong yang telah selesai membahas, serta memberikan masukan, koreksi, dan saran positif terhadap penyempurnaan Ranperda APBD 2022. Sehingga pada saat ini dapat ditetapkan menjadi Peraturan daerah (Perda).

Penyampaian Rincian APBD Oleh Wolter Barakati Salah Satu Anggota Banggar DPRD Bolmong

Tak hanya itu, Wabup Yanny Ronny Tuuk,  juga ikut menyampaikan terima kasih kepada tim anggaran pemerintah daerah Bolmong dan pimpinan OPD yang telah bekerja menyusun Ranperda tersebut.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada DPRD Bolmong atas disetujui dan ditetapkannya Ranperda inisiatif DPRD tentang Pengolahan barang milik daerah,” kata Wabup.“Sekali terima kasih ranperda inisiatif DPRD tersebut untuk dijadikan Perda,” pungkasnya.

Wakil Bupati Bolmong Yanny R Tuuk Menyampaikan Sambutan Pada Rapat Paripurna Penetapan Ranperda APBD Tahun 2022

Sebelumnya juga DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) telah melaksanakan rapat paripurna tentang pembicaraan tingkat satu, penyampaian rancangan peraturan daerah (Ranperda) anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2022. Paripurna ini digelar diruang rapat paripurna DPRD, Kamis, (02/12).

Welty Komaling, saat memimpin rapat paripurna mengatakan, rapat paripurna ini dalam rangka pembicaraan tingkat satu Penyampian Ranperda APBD Tahun Anggaran 2022 ini telah melalui nota kesepakatan antara pemerintah daerah dengan pihak DPRD tentang kebijakan umum anggaran APBD (KUA) dan nota kesepakatan tentang prioritas plafon anggaran 2022 lalu.

Ketua DRD Bolmong Welty Komaling Saat Menanda Tangani Berita Acara Paripurna Tingkat I

Dengan itu, maka disusunlah ranperda APBD tahun anggaran 2022, untuk dijadikan dasar rencana keuangan pemerintah daerah, yang akan nanti ditetapkan sebagai peraturan daerah (Perda).

Dikatakannya, dalam pelaksanaan APBD 2022, ini berbasis pada sistem anggaran kinerja yang merupakan suatu sistem penganggaran yang berorientasi pada pengendalian anggaran dan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik dengan mengedepankan prinsip transparansi dan akuntabilitas untuk mencapai tujuan dimaksud.

 

“Untuk mencapai tujuan tersebut, maka disusunlah Ranperda yang merupakan dasar pijakan bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” ulas Welty. (**)

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Resmikan Gereja GPDI Elin Poigar Dua, Yasti Harap Jemaat Semakin Bertumbuh Dan Beribadah

BOLMONG,Advetorial – Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow ...