Home / Advertorial / Dukung Program Modernisasi Beragama Dan Penyuluah, Yasti Terima Penghargaan Dari Menag

Dukung Program Modernisasi Beragama Dan Penyuluah, Yasti Terima Penghargaan Dari Menag

BOLMONG,ADVETORIAL – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, menerima sertifikat penghargaan atas partisipasi kepala daerah dalam mendukung program moderasi beragama dan penguatan fungsi penyuluh agama tingkat Nasional.

Penghargaan tersebut, diserahkan disela-sela  acara malam penganugerahan peserta terbaik, pemilihan penyuluh gama Islam teladan PNS dan Non PNS tingkat Nasional 2021.

Sekaligus penghargaan kepada Bupati/Walikota tersebut, dilaksanakan pada kegiatan Kemah Moderasi di The Higland Park Resort, Bogor, Selasa (30/11).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama RI, Direktur  Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Direktur Jenderal  Bimbingan  Masyarakat Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha beserta Kepala Pusat Agama Konghucu, Bupati/Walikota seluruh Indonesia, Eselon III, Eselon IV dan Koordinator wilayah beserta undangan lainnya.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Prof Dr Phil H Kamaruddin Amin M A dalam laporannya menyampaikan, bahwa acara kemah moderasi ini dilaksanakan atas kesadaran tulus Indonesia merupakan milik bersama, rumah bersama, semua agama dalam konteks kebangsaan adalah sama dan tidak ada perbedaan.

“Karena itu, kita berkumpul disini bersama-sama untuk merajuk, membina dan membangun kebersamaan, sekaligus dalam upaya menyampaikan kepada seluruh masyarakat, bahwa kita semuanya sama,” ujarnya.

Menteri Agama RI melalui Sekjen Kementerian Agama RI Prof Dr H Nizar M Ag, menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya, kepada para intelektual dan aktivis moderasi beragama yang telah memperjuangkan dan mensyiarkan moderasi beragama demi keharmonisasi hidup beragama.

“Hari ini perlu kita acungi jempol, karena bisa mengimplementasikan konsep moderasi beragama, dalam wujud yang nyata dengan bentuk kemah, sehingga bisa mempraktekkan bagaimana moderasi beragama dan mohon kepada Bupati/Walikota untuk menginstrusikan kepada lembaga pendidikan untuk sama-sama bisa melaksanakan kemah lintas agama para siswa, karena tantangan ke depan makin berat,” ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penganugerahan penyuluh teladan tingkat nasional dan Bupati Teladan, dianugerahkan kepada Bupati yang berperan aktif dalam penguatan moderasi beragama.

Diketahui Kabupaten Bolmong sendiri, mengikutkan salah satu PNS bernama Surianto Anggai pada kegiatan pemilihan penyuluh agama Islam teladan PNS non PNS tahun 2021.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Penerangan Agama Islam, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agam a RI, dimulai pada 28 November hingga 1 Desember 2021, di The Highland Resort Hotel Bogor.

Sebelumnya Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, pemerintah daerah terus menjaga keberagamaan yang ada di Bolmong.

Selain itu, kata Bupati Bolmong, agar terus menghindari disharmoni dan terus menumbuhkan cara beragama yang moderat, atau cara berislam yang inklusif atau sikap beragama yang terbuka.

Menurut Bupati Bolmong, Islam moderat yakni, mengedepankan sikap toleransi, saling menghargai, dengan tetap meyakini kebenaran keyakinan masing-masing agama.

Selain itu, dapat menerima keputusan dengan kepala dingin, tanpa harus terlibat dalam aksi yang merugikan.“Moderasi merupakan budaya Nusantara yang berjalan seiring dan tidak saling menegasikan antara agama dan kearifan local,” ucapnya.

“Kemudian, tidak saling mempertentangkan, namun mencari penyelesaian dengan toleran,” sambung Bupati.

Moderasi harus dipahami ditumbuh kembangkan sebagai komitmen bersama dalam menjaga keseimbangan yang paripurna yang di mana setiap warga masyarakat, apapun suku, etnis, budaya, agama, dan pilihan politiknya, mau saling mendengarkan satu sama lain.

Selanjutnya, dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolmong Shabri Makmur Bora mengatakan, perwakilan Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang diutus Kementerian Agama Bolmong Surianto Anggai, lolos ke tingkat Nasional.“Alhamdulillah, Surianto Anggai mewakili Sulawesi Utara,” singkat Bora. (**)

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Limi Mokodompit Santuni Pegawai Syar’i dan Anak Yatim Piatu di Desa Modomang dan Siniyung

TEROPONGBMR.COM – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) laksanakan ...