Home / Bolmong / Dorong Pilsang Damai, Pemerintah Kecamatan Poigar Gelar Deklarasi Damai

Dorong Pilsang Damai, Pemerintah Kecamatan Poigar Gelar Deklarasi Damai

BOLMONG,PEMERINTAHAN – Pemilihan Sangadi (Pilsang) yang akan digelar pada bulan Februari mendatang di Kabupaten Bolaang Mongondow, bakan menjadi ajang tarung di tingkat Desa. Untuk mengantisipasi instabilitas keamanan, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Pemerintah Kecamatan serentak mendorong deklarasi damai yang melibatkan seluruh calon dan masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Poigar.Sebanyak 12 desa dan 43 calon sangadi mengikuti kegiatan deklarasi damai bagi seluruh calon sangadi di Poigar, Senin (17/1/2022).

Camat Poigar Alfina Sumenda, S.IP, MM dalam sambutannya menyampaikan  bahwa Kegiatan Deklarasi Damai ini dilaksanakan Pemerintah Kecamatan bekerjasama dengan TNI dan POLRI sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam  hubungan kemitraan  untuk menciptakan keamanan bagi seluruh masyarakat.

” Ada 12 Desa di Kecamatan Poigar yang melaksanakan Pilsang yang terdiri dari 43 calon sangadi. Saya meminta apa saja yang menjadi Ikrar bersama Dalam Deklarasi Damai ini bukan hanya sekedar diucapkan tetapi dapat dipertanggungjawabkan dalam tindakan dan perbuatan. Sehingga jika ini diterapkan dengan hati nurani yang tulus maka dipastikan keamanan dan ketertiban terjaga,” kata Alfina.

Ia meminta, kepada seluruh perangkat desa dan panitia pemilihan Sangadi untuk tetap netral dan mengacu pada aturan yang berlaku. Selain itu, Camat meminta kepada panitia Pilsang dan pemerintah desa untuk dapat menggunakan media sosial dengan bijak agar tidak terjadi gangguan keamanan dalam wilayah.

“Saya harap dapat berkoordinasi dengan Babinsa dan Babhikamtibmas serta selalu berusaha sedapat mungkin mengatasi hal-hal yang diduga memperkeruh keadaan sehingga situasi keamanan dan ketertiban tetap kondusif,” himbaunya.

Ditempat yang sama, Kapolsek Poigar IPTU Tezza Aditya Arbie mengimbau kepada masyarakat dan para calon sangadi agar berhati-hati dalam menggunakan media sosial, serta jangan menyebarkan berita hoax atau bohong dan ujaran kebencian.“Tanamkan sikap santun dan damai terhadap sesama serta mampu membendung pergerakan  massa sehingga tidak melakukan tindakan yang kontra produktif,” ajaknya.

Hal yang sama juga dikatakan Danramil 1303/10 Poigar, Iptu Sulaiman, berharap kepada para calon sangadi agar bisa membuat para pendukungnya untuk tenang, dan tidak membuat keributan selama pelaksanaan Pilsang agar berjalan aman dan damai.

Turut hadir, Camat Poigar, Kadis Satuan Pol PP, Kapolsek, Danramil, Sangadi, Panitia Pilsang Desa, Linmas, Babhikamtibmas dan Babhinsa. Diketahui, dilanjutkan penandatanganan berita acara deklarasi damai dan pembacaan ikrar damai secara serentak dari semua calon Sangadi. (**)

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Tutup MTQ Kabupaten Boltim, Ini Harapan Bupati Sachrul     

BOLTIM – Gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-7 ...