Home / Boltim / Akibat Lalai Dan Abainya BWS I Sulut, Rumah Puluhan Warga Motongkat Kabupaten Boltim Kembali Diterjang Banjir

Akibat Lalai Dan Abainya BWS I Sulut, Rumah Puluhan Warga Motongkat Kabupaten Boltim Kembali Diterjang Banjir

BOLTIM – Lambanya Balai Wilayah Sungai (BWS) I Sulawesi Utara membangun tanggul disepanjang bantaran sungai Lonsio Desa Motongkat Utara sehingga mengakibatkan kembali terjadinya banjir yang menerjang puluhan rumah warga Motongkad Utara. Kecamatan Motongkad, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Belum lama ini banjir yang lebih besar hingga menghanyutkan rumah warga Motongkad Utara pernah terjadi. Usai banjir, BWS I Sulut didampingi tim Pemkab Bolaang Mongondow Timur meninjau langsung Desa Motongkad Utara dan bantaran sungai yang menjadi penyebab banjir.

Bahkan dari informasi yang berhasil di rangkum awak media, anggaran pembangunan tanggul telah dihitung hingga bronjong sebagai penguat tanggul telah dihibakan. Namun hingga banjir kembali terjadi BWS 1 Sulut kunjung tak membangun tanggul penahan banjir.

Menurut Kepala Dinas PUPR Kabupaten Boltim Harris Pratama Sumanta, pihaknya tidak memiliki kewenangan “Kami tidak ada kewenangan untuk sungai, membangun tanggul tidak bisa. Kami hanya bisa menghibakan lahan yang akan di bangun tanggul dan ini sudah kami lakukan.” Ucap Sumanta.

Lebih lanjut Sumanta mengatakan, dari informasi yang diterima pihaknya, Selasa 17 Mei esok, pihka BWS I Sulut akan memulai pekerjaan “Dari informasi pembangunan tanggul akan di mulai besok.” Singkatnya.

Sementara itu, Sangadi Motongkad Utara Abdul Haris Mokoagow mengatakan, banjir mulai merendam pemukiman warga sejak pukul 9.30 WITA. “Hujan mulai terjadi sejak pukul 00.30 wita tengah malam, dan mulai banjir pada pukul 8.30 wita,” beber Haris

Puluhan rumah di Desa Motongkad Utara kembali terendam banjir.

Banjir mulai surut sekitar beberapa jam kemudian. Warga pun mulai membersihkan sisa lumpur banjir dan sampah yang masuk di pemukiman maupun rumah warga. (*)

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Bupati Sachrul Mamonto Bersama Istri Hadiri Halal bi Halal Dan Ketupatan Di Tujuh Desa, Gunakan Mobil Hingga Motor Sapa Satu Persatu Warga

TEROPONGBMR.COM – Meskipun Idul Fitri 1444 H telah ...