Home / Boltim / Penuhi Undangan Klarifikasi KPK, Ini Penjelasan Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto Soal Isi LHKPN, Terjadi Pengurangan Dan Penambahan

Penuhi Undangan Klarifikasi KPK, Ini Penjelasan Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto Soal Isi LHKPN, Terjadi Pengurangan Dan Penambahan

TEROPONGBMR.COM – Disamping gaya flaxing pejabat dan keluarga terdekat, akhir akhir ini publik ramai mempelototi isi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Fenomena ini juga turut menimpa Bupati Bolaang Mongondow Timur Sam Sachrul Mamonto. LHKPN yang dilaporkan Bupati Sachrul rupanya jadi perhatian.

Sachrul pun memenuhi undangan klarifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas LHKPN yang ia laporan dalam dua tahun terakhir sejak menjabat Bupati Boltim.

LHKPN yang disampaikan Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto terbagi dalam tiga laporan, laporan pertama sebagai calon Bupati dan laporan kedua diawal menjabat pada Maret 2021 dan periode 31 Desember 2021.

Sepintas dalam laporan LHKPN Bupati Sachrul mengalami kenaikan sebesar 2,05 persen di tahun yang sama atau bertambah 121.500.000.

Namun jika melihat perbanding isi LHKPN Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto mengalami penurunan nilai pada aset tanah dan bangunan senilai Rp 110.000.000.

Adapun pada sisi alat transportasi dan mesin, LHKPN Sam Sachrul Mamonto juga mengalami penambahan nilai aset dengan terjadi pengurangan pada aset kendaraan.

Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto memberikan penjelasan terkait udnangan klarifikasi KPK kepada dirinya. Bahkan usai diperiksa Bupati Boltim mengakui pelaporan LHKPN sangat penting sebagai pejabat negara.

“Benar kemarin saya sudah mengisi formulir dan melakukan klarifikasi di KPK. Tentu ini (panggilan klarifikasi) baik, sebab KPK memiliki metode sendiri dalam melakukan klarifikasi dan membuat kami mengerti bahwasanya pelaporan LHKPN menjadi sangat penting untuk pejabat negara,” kata bupati.

Selain mengklarifikasi, KPK juga meminta sejumlah dokumen pendukung seperti sertifikat kepemilikan tanah dan PBB, serta pembelian aset sebelum dan sesudah menjadi pejabat negara. Menurut bupati, semuanya sudah terklarifikasi.

“Bahwa intinya ada sejumlah aset yang sudah dihapus tapi muncul dalam pelaporan LHKPN tahun 2022. Inilah yang diperbaiki. Jadi kalau ada aset yang di jual harus di lengkapi dengan bukti jual beli, begitu juga kalau ada aset yang bertambah harus dilengkapi dokumennya serta sumber perolehannya,” ungkap Bupati.

Bupati Boltim juga meminta masyarakat Bolaang Mongondow Timur agar tidak terprovokasi dan tidak menangapi berbagai isu dan komentar miring yang berselewiran di media sosial.

“Karena itu hanya buang-buang energi saja. Semakin tinggi pohon berdiri, semakin kencang angin bertiup. Jadi kalau tidak mau di hantam angin maka jadilah rumput, tapi harus rela terinjak-injak. Hidup ini pilihan dan semua jabatan memiliki resiko,” pinta bupati.

Sementara itu Kepala Inspektorat Daerah Hardiman Pasambuna menyampaikan LHKPN Bupati Bolaang Mongondow Sam Sachrul Mamonto periode tahun 2022 sudah dilaporkan sejak dua bulan lalu.

“Sudah dilaporkan sejak dua bulan lalu, diawal awal tahun. Itu memang kewajiban. Namun LHKPN belum terpublis karena masih klarifikasi kemarin.” terang Pasambuna. (**)

Bagikan Berita ini
x

Check Also

Sehan Landjar Akui Jualan Isu Dizolimi Dengan Tujuan Mendulang Simpati Masyarakat Bukan Zamanya Lagi!!

TEROPONGBMR.COM – Meski sudah purna tugas sebagai Bupati ...